Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

4 Cara Menjadi Reseller Online Shop, Untung Dan Mudah

Bagaimana cara menjadi reseller online shop tanpa modal? Bagaimana cara menjadi reseller dan apa keuntungannya? Bagaimana cara menjadi reseller di Shopee? Inilah beberapa pertanyaan yang sangat sering muncul saat ini, seiring banyaknya orang yang mulai melirik usaha atau memasarkan produknya secara online.

Reseller adalah istilah untuk seseorang yang mengambil atau membeli sebuah produk, dan kemudian menjual kembali kepada pelanggan lain.

cara menjadi reseller online shop

Trend jualan online ini terjadi mulai saat awal-awal pandemi corona, saat orang tidak bisa lagi leluasa untuk berjualan seperti biasa. Mereka harus memutar otak agar usahanya tidak gulung tikar. Jualan online atau marketing online menjadi pilihannya.

Untuk yang sudah memiliki usaha, tentu tidak menjadi masalah dengan produk yang akan di jual saat meng-online kan usahanya. Tapi bagaimana bagi mereka yang tidak memiliki produk ? Bisakah ikut Jualan online?

Jawabnya tentu saja bisa sekali. Dunia online menawarkan sesuatu yang berbeda dengan dunia offline. Bahkan anda tidak perlu memiliki produk terlebih dahulu untuk bisa memiliki online shop sendiri.

Cara Menjadi Reseller, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Anda bisa menjadi reseller online shop yang sudah ada, Online shop besar maupun kecil. Lalu bagaimana memulainya ? Berikut 4 cara menjadi reseller online shop dan hal-hal apa yang harus anda perhatikan dan persiapkan yang dirangkum oleh Maswo.

1. Memilih Produsen Yang Berkualitas Dan terpercaya

Kepercayaan konsumen akan kualitas sebuah produk dan pelayanan menjadi kunci suksesnya jualan online anda. Maka memilih atau menentukan produsen yang terpercaya dan memiliki produk berkualitas adalah cara menjadi reseller online shop pertama yang wajib anda lakukan.

cara menjadi reseller buku online

Lalu bagaimana caranya anda mengetahui? Pertama, pastikan online shop membuka pendaftaran untuk reseller. Lalu lakukan sedikit pengamatan dengan online shop yang menjadi target anda.

Perhatikan setiap review produk dan ulasan pelanggan yang ada pada setiap penjualannya. Pastikan review yang di tampilkan adalah asli dari pelanggan, dan bukan review bayaran. Review atau ulasan pelanggan biasanya tidak dilebih-lebihkan.

2. Cari Produk Yang Menarik Dan Banyak Diminati

Cara menjadi reseller online shop berikutnya ini menentukan seberapa besar potensi produk yang akan anda jual dilihat calon pelanggan dan akhirnya laku di pasaran. Pilihlah beberapa produk yang akan anda jual.

Jangan hanya satu produk saja, karena bila satu produk penjualannya tidak sesuai yang diharapkan, anda masih punya produk yang lain.

Ada banyak produk “jamu” dengan khasiat sama yang dijual, namun mengapa hanya produk dengan merek tertentu yang laris manis di pasaran ? Memang ada banyak faktor yang mempengaruhi ketertarikan ini.

Disini saya hanya akan menunjukkan bahwa dengan menjual produk atau barang yang menarik dan banyak diminati orang, tentu saja banyak keuntungan yang akan anda dapatkan.

Anda tidak perlu melakukan promosi besar-besaran karena produk ini sudah banyak dikenal. Anda juga tidak perlu susah payah menjelaskan kegunaan dan manfaat produk karena banyak orang sudah tahu.

Walaupun begitu, sebagai reseller anda tetap harus menguasai produk yang anda tawarkan. Tentu saja anda harus bisa menjelaskan ketika ada pelanggan bertanya lebih jauh atas produk yang anda jual.

Hal ini akan berimbas pada pengalaman pelanggan dan pastinya akan meningkatkan kepercayaan mereka kepada anda.

3. Pikirkan Cara Pemasaran Produk

Cara menjadi reseller online shop berikutnya yang harus anda pikirkan adalah bagaimana cara memasarkan produk. Cara pemasaran ini bisa mencakup pemasaran offline maupun pemasaran online.

Setelah anda memiliki produk, teknik pemasaran harus menjadi hal yang menjadi prioritas untuk bisa anda kuasai. Kesuksesan jualan online salah satunya adalah ketrampilan dan pengetahuan luas tentang internet marketing atau online marketing.

Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum melakukan pemasaran produk secara online :

  1. Pertimbangkan Kompetitor yang ada.
  2. Dimana Lokasi penjualan produk
  3. Harga produk kompetitor
  4. Metode pengiriman dan lama pengiriman.

Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa anda gali informasinya dari sebuah produk. Silahkan kembangkan sendiri menurut kreatifitas anda untuk dapat menentukan kelebihan dan keunggulan yang bisa anda jadikan bahan nantinya dalam melakukan marketing online,

4. Mendaftar Sebagai Reseller Di Online Shop

Setelah anda melakukan segala riset diatas, tentu saja cara menjadi reseller online shop berikutnya adalah anda harus mendaftar. Untuk awalnya, mungkin anda bisa mendaftar di online shop besar dulu seperti lazada, tokopedia dan lain-lain.

Keuntungan anda memilih online shop yang sudah punya nama adalah, mereka memiliki trafic atau pengunjung yang stabil dan dalam jumlah besar setiap harinya.

Lalu bagaimana cara menjadi reseller di lazada dan lain sebagainya ? Silahkan anda masuk ke web-nya dan coba anda cari menu reseller atau menu bantuan. Karena masing-masing platform online shop berbeda-beda cara masuk dan cara pendaftarannya.

Tambahan Penting : Cara menjadi reseller online

Untuk mempermudah marketing online, sebaiknya anda persiapkan sosial media anda yang nantinya dapat anda jadikan sebagai “corong” promosi online. Ini perlu anda persiapkan karena sosial media dapat menjangkau lebih luas daripada hanya menggunakan Whatsapp.

Kalau memungkinkan, akan lebih baik lagi kalau anda bisa memiliki dan membangun website untuk landing page atau online shop sendiri. Hal ini pasti akan lebih menambah tingkat kepercayaan pelanggan atas produk dan pelayanan anda.

Untuk landing page, anda bisa menggunakan platform WordPress yang menyediakan banyak plugin untuk mendukung online shop. Anda bisa juga menggunakan layanan toko online berlangganan di penyelenggara hosting yang anda kenal, salah satunya adalah Niagahoster.

Referensi untuk itu silahkan baca di artikel ini : Membuat Blog WordPress untuk Pemula

Anda juga bisa menjual berbagai macam barang sebagai variasi. Tapi yang perlu anda perhatikan bahwa, kegiatan marketing online nantinya masing-masing akan memiliki pangsa pasar dan trik berbeda.

Bagaimana cara menjadi reseller buku, akan berbeda cara marketingnya dengan cara menjadi reseller baju bayi. Anda akan semakin paham seiring berjalanya bisnis anda.

Demikian artikel tentang cara menjadi reseller Online shop di Maswo.my.id kali ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi sahabat-sahabat semua. Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *