Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Animasi, Pengertian, Penggunaan Dan Seluk Beluknya

Animasi adalah sebuah dunia luar biasa yang secara materi menggabungkan berbagai komponen multimedia di dalamnya. Sebuah gambar animasi memiliki kemampuan lebih baik dalam hal kegiatan menyampaikan pesan atau storytelling

Sebagian orang melihat dan memanfaatkan film animasi sebagai sarana untuk hiburan. Tetapi sebagian kalangan ada juga yang menggunakannya sebagai media promosi ataupun mengenalkan bisnis dan produk.

Dilihat dari sisi perkembangan industri ini di indonesia, saat ini sedang terjadi kenaikan kuantitas produksi dan sumber daya besar-besaran karena permintaan dan kebutuhannya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Industri ini terus berkembang dengan maraknya konten-konten yang sangat membutuhkan beragam produk animasi keren bahkan animasi lucu untuk menarik perhatian.

Animasi pembelajaran, animasi kartun, gambar animasi adalah kata-kata kunci yang paling banyak dicari di Search Engine Google, maupun di platfom sosial media berbagi video seperti Youtube.

Lalu Apa itu animasi? silahkan simak ulasan di artikel kali ini

Animation Dan Pengertiannya

Pada awal kemunculannya, hanya terdiri dari susunan beberapa gambar secara berderet yang menceritakan sebuah kejadian atau keadaan. Contoh untuk ini adalah gambar-gambar di kuil-kuil kuno di mesir.

gambar animasi
sumber gambar : Egyptmotionseries

Namun pada perkembangannya, rangkaian gambar ini kemudian dibuat menjadi lebih detil, lebih halus, lalu di susun dan ditampilkan dengan cara tertentu sehingga akan terlihat sebuah ilusi gerakan. Maka, animasi kemudian dapat juga disebut sebagai seni menciptakan ilusi gerakan dengan menggunakan serangkaian gambar.

Sekedar menciptakan ilusi gerakan saja ? Tentu tidak, karena seorang animator, yaitu sebutan untuk seseorang yang bekerja membuat animasi, harus mampu “menghidupkan” atau membuat hidup karakter dan semua bagian di dalamnya.

Karena “animate” atau “to animate” sebenarnya berasal dari kata bahasa latin “animare” yang berarti menghidupkan atau menjadikannya seolah-olah hidup.

Sejarahnya

Sebelum ada animasi lucu dan kartun keren seperti saat ini, tentulah ada awal yang menandai keberadaanya.

Sejarah film kartun ini dimulai sejak diketemukannya gambar atau lukisan di sebuah dinding makam Mesir kuno. Dan kemudian diketemukan gambar-gambar serupa di beberapa wilayah di dunia.

perkembangannya sendiri diawali dengan dibuatnya sebuah alat yang bernama Zeotrope pada 180 Masehi. Lalu kemudian pada abad ke-19 dibuatlah alat-alat untuk membuat gambar bergerak yang pertama kali. Alat-alat ini disebut Phenakistascape, flip book dan praxinoscope.

alat animasi
Zeotrope (sumber gambar : wikipedia)

Seorang animator yang menjadi cikal bakal animasi Stop Motion adalah Georges Melies, yang menorehkan karya pertamanya dalam bentuk iklan pada tahun 1899.

Pembuat stop motion berikutnya adalah J Stuart Blackton dari Amerika. Karyanya menandai kreatifitas baru dalam pembuatan animation dengan melakukan penggabungan gambar manual atau hand drawing..

Ada banyak tokoh-tokoh di dunia yang mengawali terbentuknya karya seni ini. Salah satunya adalah Emil Cohl dan Winsor Mc Cay.

Industri kreatif ini mulai berkembang pesat dan menandai karya modern yang mulai memanfaatkan teknologi.

Walt Disney pada tahun 1937 memulai membuat animasi keren yang berjudul Snow white and seven dwarf.

Pelan tapi pasti, Industri ini mulai berkembang. Yang tadinya hanya ada 2D, lalu pada tahun 1990 mulai muncul 3D yang dalam proses produksinya memanfaatkan teknologi tinggi komputer.

Mulai muncul pemain-pemain besar dengan memanfaatkan teknologi CGI dalam proses produksinya, sehingga hasilnya, gambar, karakter serta gerakannya semakin terlihat natural, nyata dan halus.

PIXAR adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan animasi keren 3D dengan memanfaatkan teknologi tinggi CGI dan motion capture, seperti salah satu karyanya yang terbaru berjudul “Soul”.

Animasi Keren 2D (Dua Dimensi)

Animasi 2D adalah teknik pembuatan gambar bergerak dengan mengacu pada sebuah bidang dengan sumbu X dan Y. Proses pembuatannya dimulai dari menggambar manual di kertas, lalu dipindahkan ke komputer dengan terlebih dahulu di scan.

Gambar animasi di buat satu per satu diatas kertas dengan perhitungan 24 frame pe second (fps) untuk hasil halus. FPS bisa berarti jumlah gambar yang harus dibuat dalam satu detik.

Saat ini, kertas hanya di pergunakan untuk membuat sketch atau rancangan gambar saja. Sedangkan proses menggambar keseluruhan sudah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Animasi Keren 3D (Tiga Dimensi)

Perbedaan dengan 2D adalah digunakannya sumbu tambahan yaitu Z. 3 Dimensi mengacu pada sebuah ruang dengan sumbu X,Y dan Z.

Animasi 3D dalam proses produksinya sudah menggunakan teknologi komputer untuk melakukan modelling karakter dan sebagainya. Efek yang tercipta dalam animasi keren 3D ini sungguh luar biasa.

Bahkan saat ini, dengan teknologi CGI bisa menggabungkan dunia nyata dengan dunia fantasi. Contohnya adalah film layar lebar seperti “Transformer”.

Penggunaan Pada Masa Sekarang

Hasil produk kreatif animasi saat ini tidak hanya untuk sarana hiburan dalam bentuk film saja, tapi suda digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan presentasi, konten youtube, konten dan disain website sampai pada keperluan promosi produk dan juga game.

Banyak perusahaan yang mengiklankan produknya dalam bentuk animasi keren, unik atau animasi lucu untuk menarik perhatian orang-orang.

Dunia pendidikan, juga menjadi salah satu sektor yang sangat membutuhkan. Tampilan menarik, interaktif disertasi gerakan dan narasi yang baik tentu saja akan semakin mempermudah para siswa memahami materi.

Alat yang dipakai pun saat ini sudah mulai beragam. Tidak hanya sebatas komputer desktop tapi juga sudah merambah pada teknologi gadget atau handphone.

Aplikasi android sudah mampu untuk membuat animasi frame by frame 2D dan 3D sederhana, sampai pada proses editing video. Semakin mudah dan murah bukan?

Sahabat semua tertarik untuk belajar? Ada banyak materi belajar yang bisa teman-teman temukan di internet. mulai dari materi berupa tulisan sampai dengan video.

Ada juga sekolah formal yang mengajarkan pembuatan karya kreatif ini. Mulai dari jenjang Sekolah menengah (SMK) sampai dengan perguruan tinggi.

Demikian sedikit pengantar tentang dunia kreatif satu ini. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan dan berguna bagi sahabat maswo semua.

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *