Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Belajar PHP Untuk Pemula

Belajar PHP bagi pemula dan sebagian orang mungkin terasa sulit. Tetapi akan terjadi sebaliknya jika anda mampu menemukan cara dan mentor yang tepat serta pas untuk melakukannya.

Di postingan kali ini saya tidak akan berbicara tentang apa dan bagaimana pemrograman PHP. Saya hanya akan sedikit bercerita bagaimana saya yang nota bene sudah bukan usia mahasiswa, akhirnya bisa menguasai bahasa pemrograman PHP, serta bagaimana saya berjuang, berusaha mencari cara yang paling pas.

Basic pendidikan saya memang Informatika. Tetapi pemrograman web berbasis PHP belum pernah saya sentuh waktu masih di bangku kuliah. seperti PHP, Phyton dan lain-lain.
Yah, waktu itu materi pemrograman hanya berkutat di Basic, Pascal, C++, Cobol, Fortran dan sebagainya. Semua bahasa pemrograman yang pernah saya pelajari hanya untuk membuat aplikasi di PC.

pemrograman php

Loh…memang kuliah tahun berapa ?
saya kuliah jurusan Teknik Informatika pada tahun 90 an. Nah..sudah tua kan ? Hehe…
Karena umur juga sudah banyak, maka kemampuan belajar juga pasti berkurang.

Masih ingat waktu dulu pertama kali belajar programming . Buku setebal apapun dilahap dengan mudah. yah, saya merasakan mudahnya belajar pemrograman pada saat itu. Beralih antar bahasa pemrograman pun tidak masalah.

Tapi sekarang ini, saat pekerjaan menuntut saya harus belajar lagi, kok susahnyaa minta ampun. Materi yang dipelajari susah nempel di otak. Mulai baca buku, lihat video tutorial, sampai teman saya suruh ngajari.
Tetap saja progress berjalan sangat pelan.

Sampai suatu ketika saya menemuan sumber belajar baru dari hasil browsing dan searching sana-sini. Sumber belajar ini adalah sebuah channel di Youtube.

Channel yang saya temukan ini memang berisi tutorial, tips dan trik pemrograman. Channel yang digawangi oleh Sandhika Galih ini bernama Web Programming Unpas.

belajar php

Pertama kali, saya coba untuk melihat-lihat konten nya. Terutama di materi-materi belajar PHP untuk pemula. Saat melihat video pertama, saya mulai tertarik karena bahasa dan gaya penyampaiannya santai namun jelas.

Ketika saya mulai masuk video kedua, ketika materi mulai dalam, saya merasa bisa mengikuti dengan mudah. sampai akhirnya saya bisa menyelesaikan seri Belajar PHP untuk pemula.

Beberapa hal yang saya suka dari channel ini adalah : Gaya bahasa, Teknik penyampaian dan metode pembelajarannya. Menurut saya pas. Dan pastinya sangat membantu seseorang yang masih ingin belajar walaupun daya belajarnya sudah berkurang seperti saya..hehe.
Mungkin karena Sandhika Galih ini adalah seorang dosen, sehingga lebih menguasai dari sisi teknik pengajaran.

Yang jelas, saya sudah menyelesaikan materi Belajar PHP untuk pemula di channel itu. Dan saat ini on the way belajar yang lain. Semoga lancar.

Bagi anda pembaca maswo.my.id semua, yang saat ini baru, sedang dan ingin belajar PHP serta pemrograman web yang lain, channel Youtube Web Programming Unpas ini sangat saya rekomendasikan. Silahkan berkunjung kesana, lihat-lihat dulu atau bisa langsung saja belajar.

Boleh coba searching di Youtube atau langsung kunjungi alamat channel nya berikut ini :
https://www.youtube.com/channel/UCkXmLjEr95LVtGuIm3l2dPg

Semoga sharing saya kali ini berguna bagi teman-teman semuanya. Saya bisa, apalahi anda. Pasti Bisa!

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *