Home » Wordpress » Belajar WordPress: Dashboard WordPress #2

Belajar WordPress: Dashboard WordPress #2

menu post di wordpress

Di Bagian kedua belajar WordPress tentang Dashboard WordPress yang kedua ini, kita akan mengenal dan Mengelola Menu Post.

Anda tinggal Klik atau arahkan saja mouse di menu Post. Akan muncul menu seperti berikut ini :

dashboard wordpress, menu post

Berikut penjelasannya :

I. Pengenalan Menu Post di Dashboard WordPress

Menu Post adalah bagian penting dari Dashboard WordPress yang memungkinkan Anda menambahkan, mengedit, dan menghapus posting di situs web Anda. Dalam Menu Post, Anda dapat menemukan semua posting yang telah dibuat dan menyuntingnya sesuai kebutuhan.

II. Cara Menambahkan Posting Baru di Dashboard WordPress

Menambahkan posting baru di Dashboard WordPress sangat mudah dilakukan. Cukup klik “Add New” di bagian atas layar, dan Anda akan dibawa ke halaman editor posting. Setelah itu, Anda dapat memasukkan konten posting Anda, seperti judul, teks, gambar, video, atau audio.

Berikut adalah langkah demi langkah menggunakan editor Gutenberg untuk membuat sebuah post baru di WordPress:

  • Pertama-tama, masuk ke dashboard WordPress Anda dan klik menu “Posts” di sebelah kiri layar Anda.
  • Setelah itu, klik tombol “Add New” untuk membuat postingan baru.
  • Sekarang, Anda akan memasuki editor Gutenberg. Pada tampilan editor, akan terdapat blok default “Paragraph”. Ini adalah blok teks dasar yang dapat Anda gunakan untuk menulis teks di postingan Anda.
  • Untuk menambahkan blok baru, klik pada simbol “+”. Simbol ini terletak di bagian atas kiri atau di sebelah kiri blok yang ada saat ini. Anda dapat menambahkan blok baru teks, gambar, video, daftar, dan banyak lagi. Anda juga dapat mencari blok tertentu dengan mengetik nama blok di kotak pencarian di bagian atas.
  • Setelah menambahkan blok, Anda dapat menyesuaikan setiap blok dengan mengklik pada blok tersebut dan mengedit kontennya. Misalnya, untuk menambahkan teks ke blok teks, cukup klik pada blok dan ketik teks yang ingin Anda tambahkan.
  • Selain mengedit konten di dalam blok, Anda juga dapat mengatur tata letak postingan dengan menyesuaikan tata letak blok. Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan jenis huruf, serta menambahkan spasi dan indentasi. Anda juga dapat mengubah lebar blok, mengatur background color atau image, dan banyak lagi.
  • Jika Anda ingin menambahkan gambar ke postingan Anda, klik pada blok gambar. Kemudian, pilih gambar dari perangkat Anda atau galeri media WordPress. Setelah gambar dimuat, Anda dapat mengatur ukuran gambar, posisi, dan efek gambar seperti opacity atau blur.
  • Ketika postingan Anda siap, klik pada tombol “Publish” untuk menerbitkan postingan Anda atau “Save Draft” untuk menyimpannya sebagai draf untuk diedit atau dipublikasikan di kemudian hari.

III. Memilih Kategori dan Tag yang Tepat untuk Posting Anda

Kategori dan tag adalah cara yang baik untuk mengatur posting Anda dan membantu pengunjung situs web Anda menemukan konten yang relevan dengan minat mereka. Pastikan untuk memilih kategori yang tepat untuk setiap posting dan menambahkan tag yang relevan untuk memudahkan navigasi di situs web Anda.

Kategori dan Tag dapat anda temukan di bagian layar Dashboard wordpress sebelah kanan. Tentu saja akan muncul saat anda sedang melakukan edit ataupun menuliskan post baru.

kategori dan tag wordpress

IV. Cara Menyunting atau Menghapus Posting yang Sudah Ada

Jika Anda perlu menyunting atau menghapus posting yang sudah ada, cukup pergi ke Menu Post dan klik “Edit” atau “Trash” di bawah judul posting yang ingin Anda ubah atau hapus. Setelah itu, Anda dapat menyunting atau menghapus konten posting sesuai kebutuhan.

Edit post wordpress

V. Menambahkan Gambar Unggulan atau Thumbnail ke Posting Anda

Gambar unggulan atau thumbnail adalah gambar kecil yang muncul di sebelah judul posting dan dapat membantu menarik perhatian pembaca. Anda dapat menambahkan gambar unggulan dengan mudah di halaman editor posting di Dashboard WordPress.

Tambahkan Blog baru dengan klik tanda “+” di blok baru, lalu pilih Image untuk mulai memasukkan gambar atau Foto.

memasukkan gambar di wordpress

Selanjutkan akan muncul pilihan untuk Upload atau Media Library seperti berikut ini:

dashboard wordpress, belajar wordpress

Anda bisa langsung pilih Upload atau anda bisa juga memilih gambar yang sudah tersedia di Library WordPress.

VI. Tips untuk Membuat Posting yang Menarik dan Efektif

Membuat Posting yang menarik tentu akan membuat pengunjung betah berlama-lama di Blog anda. Nah, untuk membuat posting yang menarik tentu saja ada beberapa hal yang diperhatikan.

Berikut ini sedikit tips untuk membuat posting yang menarik dan efektif:

  • Buat judul yang menarik dan informatif
  • Tulislah teks yang mudah dipahami dan terstruktur dengan baik
  • Sertakan gambar atau video untuk membuat posting lebih menarik
  • Gunakan subheading untuk membagi konten menjadi bagian yang lebih mudah dipahami
  • Pastikan untuk menambahkan tag dan kategori yang tepat untuk posting Anda
  • Gunakan bahasa yang sesuai dengan target audiens Anda
  • Sertakan call-to-action yang jelas dan mudah dipahami
  • Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat posting yang menarik dan efektif yang akan meningkatkan engagement dan traffic di situs web Anda.

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang mengelola Menu Post di Dashboard WordPress dengan sedikit panduan langkah-demi-langkah, termasuk menambahkan posting baru, memilih kategori dan tag yang tepat, menambahkan gambar unggulan, serta tips untuk membuat posting yang menarik dan efektif.

Untuk lebih detail bagaimana menggunakan Editor Gutenberg mungkin Maswo akan membuatkankan Postingan lebih lanjut nanti. Ditunggu saja ya.

Salam Perdamaian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *