Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Cara Cek DA PA dan bagaimana meningkatkan skornya

Tulisan ini dibuat karena banyak teman yang bertanya tentang cara cek DA PA blog atau website. Daripada saya jawab satu-satu, lebih baik saya kumpulkan jadi artikel hehe.

Sering Cek DA PA untuk blog kita adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang blogger. Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) menjadi acuan yang dirasakan lebih baik untuk menilai performa sebuah blog. Tidak seperti waktu lalu yang untuk menilai seberapa bagusnya sebuah blog diukur dengan yang namanya Page Rank (PR).

Dengan skor DA PA yang tinggi, tentu saja membuat posisi dan performa blog kita di mesin pencari menjadi bagus. Itulah mengapa memiliki blog dengan DA PA yang baik menjadi dambaan setiap blogger.

Secara spesifik, apakah sebenarnya DA PA dan bagaimana meningkatkannya? Akan coba saya bahas satu persatu di blog sederhana ini.

Apakah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)?

DA PA adalah sebuah skor yang memberikan gambaran bagi seorang pengelola blog untuk mengetahui seberapa besar peluang ranking sebuah blog di mesin pencari.

DA PA ini dikembangkan oleh penyedia tools SEO yang sangat populer di kalangan blogger yaitu moz. Moz memberikan skor untuk Domain Authority dan Page Authority dengan angka antara 1 – 100.

Kalau Domain Authority (DA) melihat kepada prediksi posisi sebuah website atau blog, sedangkan Page Authority (PA) lebih kepada posisi sebuah halaman di mesin pencari atau search engine.

Domain authority dan Page Authority penting bagi sebuah website atau blog. Skor dan indikator yang ada bisa digunakan sebagai acuan dalam membandingkan satu web dengan yang lain.

Dengan melakukan analisa DA PA, seorang blogger akan dapat melihat kelemahan blognya dan segera melakukan perbaikan atau peningkatan. Dengan DA PA yang baik, pasti akan meningkatkan peluang blog kita bertengger di jajaran paling atas di mesin pencari.

Cara Cek DA PA

Sebagai penggagas utama, tentu saja Moz pun menyediakan tool bagi kita untuk bisa melihat skor DA PA blog atau website kita. Untuk itu, cara cek DA PA blog atau website, kita bisa langsung cuss ke Moz melalui link berikut https://analytics.moz.com/ . Terlebih dahulu silahkan melakukan registrasi untuk mendapatkan akun. Setelah itu silahkan login.

Setelah berhasil login, silahkan menuju ke bagian Research Tool Moz berikut lalu masukkan url blog anda:

cara cek DA PA

Akan muncul hasil analisa moz yang cukup lengkap seperti berikut :

cara cek DA PA blog

Silahkan Scroll kebawah untuk melihat lebih lengkap.
Dengan Tools dari moz anda bisa melakukan analisa performa blog atau web anda dengan mudah dan cepat.

Adakah tools lain selain moz untuk cek DA PA blog atau website kita? Tentu saja ada. Saat ini banyak bermunculan layanan untuk menilai atau melihat skor Domain Authority dan Page Authority ini, baik yang gratis maupun yang berbayar. Contohnya adalah layanan dari https://websiteseochecker.com/ berikut ini :

Anda tinggal masukkan url blog dan Website SEO Checker akan melakukan analisa serta menampilkannya.

Mau Pakai yang mana? Kembali kepada anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan budget jika anda akan memilih layanan yang berbayar.

Indikator apa saja yang menentukan skor DA PA?

Google dan moz memiliki indikator masing-masing untuk menentukan skor penilaian sebuah blog atau website. Moz memilki sekitar 40 indikator, sedangkan Google menentukan sekitar 200 an indikator.

40 dan 200 indikator ini tentu saja kalau dibahas satu persatu akan sangat panjang. Namun ada beberapa yang bisa kita tunjukkan yang penting dan dirasakan paling berpengaruh dalam penilaian. Adalah sebagai berikut :

  • Kualitas Konten (quality content)
    Konten berkualitas tetap menjadi kunci untuk posisi Rangking atau SERP di Google. Maka pastikan konten yang anda buat di blog anda berkualitas. Hindarkan plagiat, dan usahakan tulisan original anda sendiri. perhatikan panjang tulisan dan sebagainya.
  • Sinyal dari sosial media (Social Signal)
    Salah satu indikator sebuah blog atau web dianggap bagus atau populer adalah sinyal di sosial media. Skor nya akan terlihat dari jumlah like, share dan sebagainya yang biasa terjadi di sosmed.
  • Backlink
    Pemain SEO lama mungkin tidak asing dengan backlink ini. Yang perlu kita perhatikan sehubungan dengan backlink ini adalah tentang kualitas backlink. sedikit backlink berkulitas akan lebih baik daripada ratusan atau ribuan backlink tapi tidak berkualitas. Untuk masalah backlink ini, saya akan bahas tersendiri.
  • Struktur Blog atau Web yang user Friendly
    Struktur web yang baik dan memudahkan pengunjung saat bernavigasi sangat diperhatikan Google dalam menentukan sebuah blog atau web layak mendapatkan skor tinggi atau tidak.

Selain indikator-indikator diatas, tentu ada banyak indikator yang harus diperhatikan. Nah, pada tulisan saya selanjutnya, saya akan memberikan beberapa tips agar DA PA blog kita meningkat terutama bagi sahabat semua yang baru mau memulai membuat blog atau website.

Semoga share artikel tentang cara cek DA PA di blog sederhana ini bermanfaat bagi sahabat semua. Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *