Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Jualan Online? Kenapa Anda Perlu Melakukannya ?

Jualan online saat ini tengah menjadi trend. Sebagian orang yang tadinya bersikeras untuk tetap jualan offline akhirnya mau tidak mau harus ikut arus untuk memulai Bisnis Online.

Hal ini terjadi semenjak pandemi Covid-19 melanda Negeri ini. Banyak pelaku usaha yang akhirnya mulai mengembangkan usahanya dengan jualan online. Hal ini mungkin terasa berbeda dengan saat-saat sebelum pandemi.

Masih banyak orang yang tidak/belum peduli dengan perkembangan teknologi. Jangankan membangun platform dan menggunakan Sosial media untuk jualan online, bagaimana caranya video call saja masih belum paham.

Situasi pandemi memang memaksa setiap orang untuk memutar otak supaya roda ekonomi terus berjalan. Bagi yang tadinya gaptek, mau tidak mau belajar menguasai teknologi. Untuk urusan belajar teknologi ini yang paling merasakan dampaknya adalah dari sisi Pendidikan dan sektor usaha.

Terlepas dari semua situasi diatas, kalau anda menyadari bahwa saat ini adalah era nya teknologi. Karena semua hal bisa terhubung secara online melalui jaringan internet. Mulai dari percakapan telepon, sampai urusan Internet Banking, semua bisa dilakukan secara daring/online.

Mengapa harus Jualan Online ?

Di era digital seperti sekarang ini, jika anda ingin maju dan sukses dalam usaha, anda harus mulai membangun bisnis online. Mengapa saya katakan demikian ? Teknologi menawarkan bermacam kemudahan, kecepatan, akurasi dan jangkauan yang tidak terbatas.

Jualan online bisnis online

Ditambah dengan kondisi ekonomi saat ini, jika anda tidak memanfaatkannya untuk mengembangkan dan menambah daya saing usaha anda, pelan tapi pasti usaha anda akan gulung tikar.

Teknologi baru yang memanfaatkan Internet ini telah menciptakan dan mengubah paradigma baru akan adanya sebuah usaha atau Bisnis. Merombak persepsi tradisional yang selama ini tertanam ketika menjalankan sebuah bisnis/usaha.

Keberadaan platform jualan online, atau sering disebut dengan bisnis online merupakan alat atau tool dalam marketing untuk membangun brand dan memperkenalkan produk anda kepada calon konsumen.

Selain juga bisa sebagai wadah untuk membangun ikatan komunikasi yang kuat kepada konsumen anda.

Bisnis online atau jualan online akan mampu merambah pangsa pasar yang luas tak terbatas, bahkan seluruh dunia. Anda tidak lagi bargantung dengan jarak dan waktu. Hal ini tentu berbeda dengan Jualan offline yang jangkauannya sangat terbatas.

Dengan platform bisnis online yang anda bangun, setiap orang atau pelanggan akan dapat mengakses banyak informasi. Informasi inilah yang akan membantu mereka untuk melihat produk lengkap, dengan deskriipsi dan sebagainya. Hal ini tentu saja akan membantu mereka membuat keputusan.

Fakta Pengguna Internet di Indonesia

Selain faktor kemudahan, keterjangkauan dan fleksibilitas yang ditawarkan dalam jualan online, anda juga bisa melihat fakta tentang pengguna internet di Indonesia. hal ini tentu saja menjadi sebuah pangsa pasar baru yang bisa anda sasar dalam mengembangkan bisnis nantinya.

Berikut Fakta Pengguna Internet 2019-2020 dan tingkat penetrasinya menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) bersama Indonesia Survey Center :

Pengguna Internet dan jualan online

Terlihat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 196,71 juta jiwa dai 266,91 juta jiwa penduduk Indonesia. Artinya, pengguna iinternet saat ini ada di angka 73,7%.

Hal ini tentu potensi luar biasa besar untuk prospek bisnis anda. Ini masih di Indonesia, apalagi jika jualan online anda memasang produk yang bisa dipasarkan untuk orang di seluruh dunia. Luar biasa !

penetrasi internet untuk bisnis online

Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia mencapai 25 juta per quartal atau 8,9%. Perkembangan pasar yang patut anda pertimbangkan untuk mulai membangun bisnis olline anda dan mulai jualan online.

Kelebihan Jualan Online Atau Bisnis Online

Apakah fakta-fakta di atas belum bisa meyakinkan Anda? Silahkan simak beberapa fakta lain berikut ini :

Bisnis Online Berpotensi Besar Dalam Pertumbuhan Usaha

Anda jangan memandang perusahaan-perusahaan online besar yang selama ini sudah malang melintang di dunia online. Dibalik kesuksesan mereka, ada kerja keras dan usaha bertahun-tahun untuk mencapai seperti ini. Merekapun mulai dari usaha kecil.

Untuk memulai usaha online, anda tidak perlu harus besar dulu. Dari usaha kecil, bahkan usaha rumahan sudah bisa untuk membuka pasar di Internet. Bahkan menurut peneliti ecommerce, justru para pengusaha kecil inilah yang menjadi penopang utama geliat bisnis online.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk memulai jualan online

  1. Tidak terbatas lokasi, jarak dan waktu
  2. Tidak membutuhkan biaya awal/modal yang tinggi
  3. Dapat dipergunakan untuk membangun image / brand perusahaan
  4. Dapat memberikan informasi yang tepat dengan mudah ke konsumen atau calon konsumen
  5. Layanan untuk dukungan pelanggan (pra dan pasca jual) jadi lebih mudah
  6. Biaya operasional dan perawatan (maintenance) rendah
  7. Strategi, bentuk dan inovasi pemasaran yang bervariasi dan disukai pelanggan
  8. Bisnis online yang anda jalankan akan selalu aktual dan relevan
  9. Jangkauan menjadi sangat luas dan global karena dapat diakses dari manapun.
  10. Toko online atau usaha online anda akan bisa buka 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu
  11. Akan dapat meningkatkan layanan konsumen dengan fleksibilitas tinggi
  12. Hemat Tenaga karena semua sudah dijalankan oleh system
  13. Cek order dan pengiriman menjadi lebih cepat karena semua terhubung secara online
  14. Tingkat profesionalisme akan meningkat dan ini hal positif untuk kepercayaan pelanggan
  15. Anda bisa mengelola bisnis online anda dari manapun dan dimanapun.

Apa Yang Perlu Di Persiapkan Untuk Mulai Jualan Online ?

Jika anda sudah memutuskan untuk mulai mengembangkan bisnis anda masuk ke bisnis online, ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan persiapkan. Silahkan simak beberapa hal berikut ini :

  1. Lakukan riset kecil-kecilan atas kompetitor serta dan bisnis online lain.
  2. Mempertimbangkan dan memutuskan bagian mana dari jualan online yang akan mengangkat bisnis anda secara keseluruhan.
  3. Rencanakan anggaran untuk memulai. Besar kecilnya anggaran akan menentukan seberapa lengkap fitur di toko online anda. Mulai saja dari modal yang tidak terlalu besar.
  4. Pahami regulasi dan aturan main yang mungkin ada dalam pelaksanaan bisnis online anda.
  5. Pikirkan peralatan apa saja yang nantinya anda butuhkan. Misalnya aplikasi (software), Laptop dan lain sebagainya.
  6. Pertimbangkan segala resiko yang terjadi. Misal serangan virus, hacker, scam, penipuan dan tentu saja kemungkinan kerusakan peralatan yang mungkin terjadi.
  7. Siapkan diri anda untuk segala macam training. Ini bisa anda lakukan secara mandiri maupun mencari kursus online yang berbayar.
  8. Selalu bersikap realistis dan berpikiran positif atas segala hal yang terjadi saat anda mulai jualan online dan menjalankan bisnis online. Tentu akan banyak hal yang menuntut penyesuaian saat anda mulai beranjak ke dunia online.

Setelah segala bahasan diatas, tentu akan lebih baik jika anda segera mempersiapkan diri untuk mulai berbisnis secara online.

Jangan sampai hanya karena alasan “tidak bisa”, “tidak mampu”, “tidak ada waktu” dan sebagainya yang justru akan menarik anda kebelakang dan semakin jauh tertinggal.

Demikian yang bisa saya bagikan untuk sahabat Maswo kali ini. Semoga berguna dan bisa menambah motivasi teman-teman semua.

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *