Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

SEO Off Page Dan 8 Cara Optimasinya

SEO off page adalah langkah berikutnya setelah anda melakukan SEO on page. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui dalam SEO off page dan bagaimana cara optimasinya.

SEO off page

Tentang SEO off page

Kalau SEO on page anda fokus pada bagian dalam atau internal web, SEO off page anda melakukan sebaliknya. Anda akan banyak melakukan aktifitas di luar atau external web.

Aktifitas link building dan share di sosial media adalah salah satu kegiatan SEO off page. Namun perlu diperhatikan bahwa optimasi SEO ini tidak hanya masalah membangun backlink saja, tapi lebih luas dari itu.

Membangun link atau Link Building

inbound link adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membangun link. Algoritma google akan memberikan penilaian tersendiri dengan adanya Inbound link atau backlink ini.

Backlink yang berkualitas akan di berikan posisi SERP yang tinggi oleh Google pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini pada target yang akan dituju :

Perhatikan DA & PA

Salah satu indikator sebuah web berkualitas adalah pada skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) nya. Skor DA PA makin tinggi, pertanda web atau blog bersangkutan semakin baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang DA PA, anda bisa baca kembali artikel saya tentang Domain Authority dan Page Authority, atau silahkan klik link berikut ini : Cara Cek DA PA dan bagaimana meningkatkan skornya.

Pilih blog atau web yang Dofollow

Terdapat dua tipe link yang bisa disematkan pada blog yaitu Dofollow dan Nofollow. Sebaiknya pilih blog dengan tautan atau link Dofollow, karena tautan berjenis Nofollow tidak akan di catat oleh Google.

Seringkali kita terlalu bersemangat untuk melakukan hal ini dengan tidak memperhatikan Dofollow dan Nofollow. Langsung saja pasang tanpa melakukan cek terlebih dahulu. Walaupun punya banyak link, tapi pekerjaan tentu saja akan menjadi sia-sia.

Untuk membantu anda mengetahui sebuah blog memiliki link Dofollow, anda bisa memasang ekstensi di Google Chrome yang bernama Nofollow. Ekstensi ini akan memberikan warna atau highlight pada link blog yang Dofollow.

Pergunakan Anchor Text yang tepat

Penggunaan anchor text yang tepat untuk membuat link adalah teknik SEO off page yang sangat baik. Anchor text adalah representasi dari artikel anda. Anchor text yang baik adalah anchor text yang menggunakan keyword atau kata kunci yang anda gunakan di artiket atau postingan.

Tetapi membuat anchor text yang sesuai dengan keyword terkadang susah. Karena blog yang akan dipasang link adalah blog milik orang lain, maka anda tidak bisa sesuka hati untuk memasangnya.

Tentu saja anda perlu mengkomunikasikannya dengan pemilik blognya, dengan sebelumnya anda bisa berkenalan dan menjalin pertemanan dahulu dengan para pemilik blog target.

Cari Blog atau web yang relevan

Carilah blog yang memiliki niche relevan dengan blog anda. blog yang tidak relevan tidak akan memiliki efek signifikan. Lebih baik beberapa link dengan niche relevan daripada banyak tetapi tidak relevan.

Cari blog dengan traffic tinggi

Sumber link dari blog dengan traffic tinggi pasti akan memberikan efek SEO off page yang baik. Selain itu blog kita juga pasti akan tertular traffic nya.

Namun memang perlu sedikit usaha lebih untuk mendapatkan backlink dari blog-blog besar. Mereka biasanya sedikit “pelit” untuk memberikan link ke blog lain apalagi blog baru.

Manfaatkan Listing Bisnis

Kalau blog anda bisa masuk ke listing bisnis, akan berefek sangat bagus untuk traffic dan peringkat di Google. Beberapa listing bisnis misalnya Tripadvisor, Zomato, Google My Bussines (Google bisnisku), Star Share dan lain-lain.

SEO off page

Selain bisa mendukung SEO off page, Listing bisnis bisa mendongkrak popularitas blog anda.

Share di medsos

Dari Algoritma dan press release Google yang terakhir, Google mengatakan bahwa link di medsos tidak akan mempengaruhi SERP. Tetapi carai ini masih bisa anda gunakan, karena aktifitas media sosial membantu menaikkan popularitas blog anda.

Dengan seringnya blog anda di like, di share maka akan memperbesar kemungkinan para pemilik blog merekomendasikan blog anda sebagai blog rujukan dengan memasang link di artikel mereka.

Demikian Share kali ini mengenai SEO off Page. Tentunya masih banyak tips dan trik yang bisa digunakan untuk optimalisasi SEO yang belum tercantum dalam tulisan diatas. Mungkin di tulisan berikutnya bisa disambung lagi.

Semoga berguna untuk sahabat-sahabat semua. Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *