Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Memahami SEO On Page Dan Cara Optimasinya!

SEO On Page atau On Site SEO adalah salah satu kegiatan optimasi sebuah website terhadap mesin pencari atau Search Engine. SEO On Page adalah teknik optimasi yang dilakukan dari sisi di dalam web sendiri. Mulai dari URL sampai jeroan artikel yang anda buat.

Penerapan Teknik SEO On Page yang baik akan meningkatkan peringkat web secara signifikan di Search engine yang dalam hal ini Google.

SEO On Page

Seperti kita tahu, Google adalah mesin pencari yang sangat dinamis. Google akan merubah algoritma nya setiap saat. Maka, seorang pelaku SEO harus senantiasa mengikuti perkembangan ini.

Kepuasan pengunjung adalah titik fokus yang diberikan oleh Google. Maka, dalam menjalankan Teknik SEO On Page andapun harus fokus pada kepuasan pengunjung.

Apa Saja Komponen SEO On Page?

Kalau anda fokus pada kepuasan pengunjung, maka ada beberapa hal yang harus difahami terlebih dahulu sebelum menerapkan Teknik SEO On Page. Beberapa hal tersebut antara lain : Siapkan konten menarik dan mudah dipahami untuk menahan pengunjung berlama-lama di web anda. Fitur yang lengkap dengan kemudahan navigasi dan lain sebagainya.

Bermula dari pemahaman tersebut, maka anda dapat mulai melakukan optimasi web dengan memperhatikan beberapa komponen sebagai berikut:

Perhatikan panjang URL

URL adalah alamat web atau artikel anda. URL atau Uniform Resource Locators dapat dilihat di bagian atas browser, tepatnya di address bar. Jangan menggunakan URL yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Panjang URL yang disyaratkan untuk Teknik SEO On Page adalah berkisar pada 3 sampai 5 kata.

URL mengandung keyword atau kata kunci

Jika anda membidik satu kata kunci tertentu di konten atau artikel, sertakan kata kunci tersebut di URL. URL dengan SSL atau atribut secure atau HTTPS tentu juga menambah skor penting di mesin pencari.

Pergunakan karakter yang mudah di baca di URL

Penggunaan karakter yang tidak mudah dibaca di URL, selain tidak user friendly juga tidak disukai oleh Google. Contoh URL yang tidak direkomendasikan misalnya https://domainku.com/dfre-232.

Perhatikan Panjang Title atau Judul Artikel

Sama seperti ukuran panjang URL, buatlah judul artikel yang tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu panjang. Pergunakan hanya 3 sampai 5 kata saja untuk membuat judul.

Judul artikel mengandung keyword atau kata kunci

Kata kunci atau keyword harus juga anda sertakan pada judul artikel. Usahakan ada di bagian awal dari judul.

Perhatikan panjang keyword

Keyword yang anda tetapkan juga harus anda perhatikan panjangnya. Jangan menetapkan keyword yang hanya terdiri satu huruf (kecuali kasus tertentu). Tetapkan keyword sepanjang 2 sampai 5 kata.

Perhatikan Panjang artikel

Artikel yang anda buat harus memenuhi panjang tertentu agar optimal terhadap Google atau mesin pencari. Rekomendasi nya adalah 300 kata. Tetapi saya tidak menyarankan artikel yang hanya 300 kata. buatlah artikel setidaknya 600 – 800 kata. Jika anda mampu membuat artikel yang lebih panjang sampai ribuan kata pasti lebih baik.

Gunakan Tag H2

Gunakan Tag H2 untuk sub judul pada artikel anda. Menempatkan tag H2 ini tentu saja disukai oleh Google karena struktur artikel akan terlihat lebih baik.

Meta Description

Meta Description adalah rangkuman singkat dari artikel atau konten yang dibuat. Sama seperti komponen yang lain, meta description harus juga mengandung keyword atau kata kunci yang ditetapkan. Usahakan keyword anda letakkan di awal kalimat.

Berikan Gambar atau Ilustrasi

Usahakan artikel anda memuat setidaknya satu gambar sebagai pelengkap dan daya tarik artikel atau konten anda. Bagi pembaca, artikel panjang tentu saja kurang menarik tanpa adanya ilustrasi. Tetapi gambar atau foto harus sesuai dengan artikelnya.

Dengan gambar pasti artikel akan lebih mudah dipahami, apalagi artikel tutorial. Bagi Google, gambar ini juga nilai plus bagi konten anda. Karena selain crawl text, Google juga crawl image atau gambar.

Berikan Image Alt Atribute sesuai keyword

Image Alt Atribut adalah sebuah teks atau kata-kata yang disisipkan pada Gambar, foto atau ilustrasi. Alt Atribut akan ditampilkan sebelum gambar terbuka sepenuhnya,
Alt atribut harus juga mengandung kata kunci yang ditetapkan.

Berikan Internal Link

Artikel yang saling berhubungan atau related dengan artikel lain di web anda akan dinilai lebih baik oleh Google. Untuk menautkannya anda bisa memasang link di masing-masing artikel yang merujuk ke artikel bersangkutan. Jangan lupa, text link harus dibuat dengan kata-kata yang juga sesuai dengan kata kunci artikel rujukan.

Berikan Outbond Link

Outbond Link adalah link yang merujuk ke artikel di luar web anda. Artikel yang ditautkan harus juga merupakan rujukan yang sesuai dengan artikel yang anda tuliskan. Misalkan, anda sedang menulis artikel tentang gadget, maka outbond link bisa anda tujukan ke oficial web merek gadge tertentu.

Demikian sedikit pembahasan tentang optimasi SEO On Page pada kesempatan kali ini. Semoga berguna dan dapat menambah wawasan sahabat semua. Salam perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *