Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Tips Cara Meningkatkan DA PA web atau blog

Bagi pemilik blog baru, cara meningkatkan DA PA menjadi PR tersendiri supaya nantinya siap berkompetisi di dunia antah berantah yang bernama internet ini.

Tidak mudah memang untuk membangun sebuah blog hingga memiliki DA PA yang baik. Apalagi Google setiap kali secara dinamis merubah algoritma SERP nya.

Pada akhirnya SEO atau Search Engine Optimization menjadi senjata andalan bagi para bloger. Penerapan SEO yang baik, secara off page maupun on page menjadi wajib diterapkan.

meningkatkan DA PA

Melanjutkan tulisan terdahulu tentang cara cek DA PA blog atau website, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang apa saja yang bisa dilakukan agar dapat meningkatkan DA PA.

Gunakan SSL (Secure Socket Layer)

Secara mudah, SSL adalah fitur tambahan untuk menjadikan blog atau web kita lebih secure. Google akan lebih memperhatikan web yang aman dari pada blog yang tidak aman Selain juga dapat meningkatkan DA PA.

Penerapan SSL bisa dilihat dari url blog yang berawalan dengan HTTPS. HTTPS menandakan bahwa blog itu aman. sedangkan kebalikannya adalah HTTP.

Untuk SSL ini, anda bisa menggunakan layanan gratis maupun yang berbayar. Untuk hal ini saya lebih menyarankan anda membeli layanan SSL berbayar seperti komodo dan sebagainya.

Submit web atau blog ke Search Engine

Bagi pemilik blog atau website, pertama kali yang harus dilakukan adalah mendaftarkan blog nya ke search engine. Google. Yahoo, bing atau mesin pencari yang lain.

Langkah ini bisa dilakukan agar blog kita segera dikenali oleh mesin pencari tanpa harus menunggu crawler nya singgah. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan sitemap yang berupa file XML nya agar mudah di telusuri oleh Google atau mesin pencari yang lain.

Secara singkat sitemap XML adalah file yang berformat XML dan berisi daftar halaman yang akan memudahkan mesin pencari ataupun pengguna dalam menelusuri setiap halaman di blog kita.

Untuk membuat sitemap XML ini, anda bisa melakukannya secara manual ataupun dengan bantuan plugin.

Untuk masalah apa dan bagaimana itu sitemap secara detail, akan dibahas tersendiri. Jadi silahkan sering berkunjung dan mengikuti setiap artikel di blog ini ya.. 😀

Rancang blog anda supaya Mobile Friendly

Blog yang baik, memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri tampil di browser PC maupun di browser perangkat mobile. Istilah untuk ini adalah web atau blog yang responsive.

Kemampuan responsive ini wajib diterapkan untuk web atau blog saat ini. Google pun memberikan score lebih untuk kemampuan ini.

Bagaimana membuat web atau blog menjadi responsive ?
Anda bisa mulai dari memilih theme atau tema jika anda pengguna CMS seperti wordpress atau platform yang lain, sampai anda bisa mengaturnya sendiri. Untuk pengaturan sendiri ini, anda harus memiliki kemampuan programming atau coding.

Khusus untuk pengguna wordpress anda bisa memanfaatkan plugin yang tersedia banyak, baik yang free (gratis) ataupun berbayar.

Gunakan atau aktifkan Google AMP

Google AMP adalah sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah blog atau web di muat dengan lebih cepat di browser perangkat mobile. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini sebagian besar orang mencari informasi di internet hanya lewat genggaman tangannya saja alias pakai HP.

Dengan mengaktifkan fitur Google AMP ini tentu saja web atau blog kita akan dapat tampil cepat di browser mobile. Hal ini pasti akan memberikan pengalaman pengguna lebih baik.

Perlu diingat, bahwa loading blog atau web yang lambat akan membuat user bosan menunggu bahkan meninggalkannya sebelum halaman tampil sempurna.

Google sendiri juga menyarankan agar setiap blog atau site sebaiknya dioptimasi agar dapat di load dengan cepat. Hal ini tentu akan mempengaruhi SERP kita di Search Engine. Sama seperti sitemap, saya pun akan membahas AMP (Accelerate Mobile Page) ini tersendiri.

Tingkatkan kecepatan load blog

Blog yang cepat selain disukai oleh pengguna, juga disukai oleh search engine. Load blog yang cepat akan menentukan posisinya di SERP google.

Untuk masalah kecepatan load blog ini memang banyak faktor yang menentukan. Bisa mulai dari kecepatan server sampai komponen penyusun web atau blog kita.

Sehubungan dengan kecepata load ini, Google merilis sebuah tool yang dapat kita gunakan untuk mengetahui seberapa cepat blog dan menganalisa nya. Tool ini disebut Page Speed Insight Tool

Page Speed

Cara penggunaanya pun mudah. anda tinggal menuju ke halaman layanan Page speed, lalu masukkan url blog anda. Tunggu sebentar, dan akan muncul score kecepatan load blog dengan rentang 1-100.

Scroll kebawah, anda akan mendapatkan juga daftar yang menyebabkan blog anda lambat lengkap dengan suggestion atau saran yang bisa dilakukan.

Memang diperlukan pengetahuan teknis sedikit untuk bisa memahami dan melakukan beberapa perbaikan berdasar saran dari page speed ini.

Lakukan Optimasi SEO On Page

Optimasi ini merupakan syarat dasar agar website bisa dikenali oleh search engine dengan baik. Optimasi SEO on page yang baik tentu saja akan memperbesar kemungkinan blog atau web kita ada di posisi atas pencarian.

Bagi anda yang belum terlalu mengenal apa itu SEO on page, beberapa gambaran tentang optimasi ini contohnya adalah mengenai hal-hal sebagai berikut. optimasi meta tags, meta description, slug, heading, kata kunci atau keyword, optimasi gambar, Alt text dan lain sebagainya.

Khusus untuk anda yang baru mengenal SEO, bisa mencari referensi di google atau tunggu saya akan menuliskan tentang SEO secara khusus.

Lakukan optimasi SEO off Page

Optimasi SEO off page adalah mengoptimas hal-hal eksternal dari blog kita. Seperti kegiatan link building atau membangun link yang menuju ke web kita. hal ini sering disebut dengan backlink.

Backlink yang baik haruslah berasal dari blog atau web yang related dengan tema ataupun tulisan yang kita buat. beberapa link mungkin sudah cukup untuk mengangkat web atau blog kita naik di search engine asalkan related dan berkualtas, daripada ratusan bahkan ribuan link yang tidak bersesuaian.

Naikkan sinyal Media Sosial (Social Signal)

Sosial media bisa menjadi sarana yang baik untuk membangun popularitas web atau blog anda lebih baik. Sinyal yang berasal dari media sosial yang tinggi akan meningkatkan DA PA blog anda secara signifikan terutama Domain Authority (DA).

Strategi untuk ini bisa macam-macam cara sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari rajin posting sampai memberikan Giveway seperti yang sedang trend saat ini.

Demikian share tentang cara meningkatkan DA PA blog atau website. Semog bermanfaat bagi sahabat semua. Salam perdamaian!

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *