Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

6 Cara Mudah Membuat Blog atau website

Membuat blog saat sekarang ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Asal ada kemauan dan sedikit belajar tentang cara mudah membuat blog, semua pasti bisa dilakukan sendiri. Bahkan anda tidak perlu mengerti tentang coding. Walaupun begitu, jika anda mengerti tentang coding tentu akan menjadi nilai plus, karena anda bisa bereksplorasi dan berkreasi lebih leluasa.

Bagaimana blog bisa dibuat kalau tidak mengerti tentang pemrograman web?

Saat ini sudah berkembang banyak platform pembuatan web, seperti blogspot, Jomla, WordPress dan sebagainya. Platform ini sering juga disebut dengan CMS (Content Management System). Dengan Platform-platform tersebut, anda bisa membuat web dengan cepat bahkan dalam hitungan menit.

cara mudah membuat blog

Nah, di artikel saya kali ini akan ditunjukkan bagaimana cara mudah membuat blog hanya dengan 6 langkah. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tetapkan topik atau tema blog anda
  2. Tentukan platform yang akan anda gunakan
  3. Pilih dan tentukan Layanan web hosting terbaik
  4. Pilih nama Domain
  5. Istall Platform blog anda di web hosting
  6. Pahami struktur platform blog

Sebelum dimulai, perlu anda pahami dahulu tentang dunia blog. Manfaat dan kegiatan apa yang nantinya akan anda kerjakan. Pada awalnya, blog digunakan orang untuk menerbitkan jurnal pribadi mereka agar dapat dibaca dan digunakan orang lain sebagai sumber ide dan pengetahuan. Maka, banyak blog yang tidak hanya berisi tulisan biasa tetapi juga informasi penting yang sangat berguna.

Blog juga bisa menjadi wadah menuangkan ekspresi dalam bentuk tulisan. Sarana untuk mengasah kemampuan menulis dengan menuliskan konten-konten sosial hingga sains.

Bagi seorang blogger, memiliki blog adalah sebuah investasi, karena blog bisa digunakan untuk mendapatkan uang secara online. Banyak Blogger yang sudah mendapatkan penghasilan melalui macam-macam cara. Salah satunya adalah dari iklan. Maka bagi seorang blogger wajib hukumnya untuk dapat membangun blognya dengan baik. Tulisan dan konten menarik pasti akan mampu mengundang pengunjung. Dengan pengunjung yang banyak, tentu saja akan meningkatkan kemungkinan iklan di blog nya di klik. Dan kalau iklan di klik, ini berarti pemasukan. Klik iklan yang dibayar salah satu contohnya adalah Google Adsense.

Itulah mengapa kegiatan meningkatkan traffic web juga harus menjadi bagian tak terpisahkan selain mengisi konten/tulisan secara kontinyu. Bagaimana ? anda siap membuat blog? Oke, langsung saja kita lihat 6 langkah cara mudah membuat blog yang bisa anda praktekkan berikut ini:

Tetapkan topik atau tema blog anda

Menentukan topik atau tema blog terkadang bukan perkara yang mudah. Anda harus melakukan perenungan dan mencari referensi kira-kira apa yang cocok untuk tema blog anda. Saran saya, untuk anda yang baru memulai membuat blog, pilih saja tema atau topik utama blog anda dengan sesuatu yang berhubungan dengan pasion atau hobi.

Dengan topik yang berhubungan dengan hobi, tentu saja akan mempermudah anda nantinya saat harus membuat artikel secara periodik. Anda tidak akan kehabisan ide materi tulisan karena anda sendiri menguasai topik yang anda pilih. Seperti diketahui bahwa kesulitan seorang blogger pemula adalah masalah ide tulisan. Sementara konten atau tulisan harus dibuat terus menerus secara periodik agar blog terbangun dengan baik.

Anda tidak hanya akan membuat blog, menuliskan artikel beberapa, lalu berhenti bukan? Maka pastikan tema atau topik utama blog anda adalah sesuatu yang anda kuasai. Dengan anda menguasai permasalahan, maka anda tidak akan merasa terpaksa, apalagi terbebani saat membuat tulisan atau artikel.

Ada beberapa ide tema atau topik yang bisa anda ambil. Misalnya Kuliner, Travelling, Music, olahraga, teknologi, gaya hidup, fashion, game dan sebagainya. So, segera tentukan topiknya dan ikuti langkah berikutnya.

Tentukan platform yang akan anda gunakan

Setelah anda memastikan topik utama blog, kini saatnya anda memilih dan menentukan platform yang akan anda pergunakan. Sama seperti memilih topik, terkadang memilih platform juga pekerjaan yang cukup sulit karena berhubungan dengan hal teknis. Platform blog adalah bentuk media atau system yang nanti akan anda pergunakan untuk mengatur dan mengelola blog.

Untuk blogger pemula saya sarankan anda memilih platfom wordpress. Mengapa WordPress? ya, platform blog wordpress menawarkan kemudahan dalam pengelolaan blog dengan feature penggunaan yang user friendly, ramah bagi pemula, simpel dan mudah dimengerti. Selain itu ada banyak pilihan tema yang bisa anda pilih untuk mempercantik tampilan blog, selain juga dukungan plugin yang sangat banyak.

WordPress adalah platform yang tidak berbayar alias free. Walaupun free atau gratis, bukan berarti kualitasnya rendah. WordPress sudah digunakan oleh jutaan orang, bahkan perusahaan-perusahaan besar kelas duniapun memanfaatkan platform blog ini.

Bagaimana dengan dukungan teknisnya?
Untuk urusan ini anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak tutorial dan tips dari komunitas pengguna yang akan dengan sukarela membantu setiap ada kesulitan atau permasalahan.

Pilih dan tentukan Layanan web hosting terbaik

Seperti kita ketahui, bahwa web hosting adalah tempat disimpannya semua data atau file blog yang nanti kita buat. Semua data tanpa terkecuali. Dari tulisan, gambar sampai video semua tersimpan disana.

Ada banyak tipe hosting yang bisa anda pilih. Dari shared hosting yang memiliki harga murah sampai VPS hosting yang tentu saja lebih mahal. Pada artikel saya sebelumnya, saya pernah menulis tentang web hosting terbaik. Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung silahkan anda eksplorasi blog ini untuk menemukan artikel tersebut.

Untuk urusan web hosting saya menyarankan anda memilih hosting sesuai dengan kebutuhan dan target pembaca anda nantinya. Kalau target pembaca anda dari luar negeri, baik anda memilih layanan hosting di luar negeri. Tapi kalau anda menargetkan pembaca dari dalam negeri, anda lebih baik menggunakan jasa hosting dengan lokasi server di dalam negeri.

Untuk yang terakhir, saya merekomendasikan Web hosting Niagahoster yang memiliki fitur berlimpah. Dan yang utama adalah karena web hosting ini menawarkan space dan bandwidth unlimited, serta layanan customer support nya yang sangat responsif, cepat membantu dan menangani segala permasalahan pengguna.

Selain itu ada diskon sampai 70% dan domain gratis selamanya. Menarik bukan?
Anda hanya perlu menuju alamat websitenya, tentukan tipe layanan yang anda pilih, dan anda sudah akan memiliki web hosting sendiri dengan domain gratis. Kalau layanan web hosting terbaik sudah anda tentukan, langsung saja ikuti langkah berikutnya.

Pilih nama Domain

Yang perlu anda ketahui, bahwa selain hosting, anda harus membeli domain. Domain adalah nama atau alamat yang akan digunakan orang lain atau siapa saja untuk mengakses blog Anda. Nama domain misalnya www.niagahoster.co.id, www.kompas.com, bukalapak.com dan sebagainya.

Nama domain memiliki akhiran seperti .COM, .ID, .Co.id, .org, .net, .online, .web.id, .my.id, .info dan sebagainya. akhiran atau ekstensi nama domain ini bisa mewakili konten/topik, lembaga ataupun negara.

nama Domain yang baik sebaiknya tidak terlalu panjang agar mudah diingat, singkat dan mudah dihafal. Hindari nama domain dengan tanda hubung dan angka karena akan menyulitkan orang mengingat nama domain anda nantinya. Kalau anda menggunakan Web hosting di Niagahoster, anda akan mendapatkan nama domain ini gratis.

Istall Platform blog anda di web hosting

Lakukan penginstalan platform blog atau worpress anda. Dulu anda harus memiliki pengetahuan teknis lumayan untuk bisa install wordpress di hosting. Tapi untuk saat ini, anda tidak perlu repot karena fasilitas untuk install otomatis sudah disediakan. Anda tinggal masuk ke Cpanel dan temukan feature penginstalan CMS.

Lakukan beberapa langkah dengan terlebih dahulu login ke Cpanel anda. Klik Softaculous installer, pilih WordPress dan lanjutkan dengan klik Install now. Ikuti langkahnya dan anda sudah mulai bisa mengatur blog baru anda. Untuk bagaimana detail installasinya, akan saya buatkan dalam artikel tersendiri.

Pahami struktur platform blog

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa WordPress adalah platform yang bersahabat dengan pengguna baru. Anda bisa mulai membuka platform ini dengan terlebih dahulu masuk ke dashboard dengan mengetikan nama domain anda diikuti dengan /wp-admin. sebagai contoh anda bisa mengetikkan di browser dengan namadomain.org/wp-admin.

Coba buka menu-nya satu persatu, coba pahami dan mengerti fungsi-fungsi nya. pada tahap ini anda jangan ragu-ragu dan takut salah. Mulailah mengatur setiap bagian dan jangan lupa terbitkan tulisan pertama anda. Dan selamat, anda sudah jadi seorang blogger sekarang!

Demikian 6 cara mudah membuat blog, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Salam Perdamaian!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *