Home » Teknologi » Amazon Q: Asisten AI Generatif untuk Bisnis yang Aman dan Terpercaya

Amazon Q: Asisten AI Generatif untuk Bisnis yang Aman dan Terpercaya

AI for business - Amazon Q

Amazon telah resmi memasuki arena chatbot AI dengan peluncuran Amazon Q, alat AI generatif yang dirancang khusus untuk bisnis. Hal Ini terjadi sekitar satu tahun setelah ChatGPT menarik perhatian dunia dengan kemampuannya yang luar biasa untuk menghasilkan konten tingkat ahli dan seperti manusia dengan kecepatan yang luar biasa.

Kompetisi Langsung dengan OpenAI, Google, dan Microsoft

Amazon Q akan tersedia secara eksklusif untuk pelanggan komputasi awan (cloud computing) AWS Amazon, menempatkannya dalam persaingan langsung dengan ChatGPT OpenAI, Bard Google, dan copilots Microsoft, yang semuanya juga mengandalkan teknologi OpenAI.

Fitur dan Harga Utama

Dengan harga $20 per pengguna per bulan, Amazon Q akan menawarkan berbagai kemampuan, termasuk meringkas dokumen yang diunggah dan menjawab pertanyaan tentang data spesifik yang disimpan di server perusahaan.

Mengatasi Kekhawatiran Keamanan Data

CEO Amazon Andy Jassy menekankan fitur keamanan Amazon Q yang ditingkatkan, menyoroti kontrol yang lebih ketat atas akses konten. Langkah ini bertujuan untuk mengatasi kekhawatiran yang ditimbulkan oleh bisnis mengenai kecenderungan teknologi untuk menghasilkan respons yang salah atau tidak pantas, yang terkadang disebut halusinasi.

Membatasi Akses Chatbot ke Sumber Data yang Telah Ditentukan

CEO AWS Andrew Selipsky menegaskan bahwa pelanggan cloud yang menggunakan Amazon Q dapat membatasi chatbot mereka untuk mengakses kumpulan data yang sangat terbatas dan telah ditentukan sebelumnya, semakin memperkuat fokus pada keamanan data.

Sentilan Tidak Langsung terhadap Ketergantungan Microsoft pada OpenAI

Saat mempresentasikan kemajuan AI terbaru perusahaan, Selipsky menyindir Microsoft secara halus, menyoroti ketergantungan mereka pada OpenAI, perusahaan yang menghadapi gejolak internal baru-baru ini. Selipsky menekankan pentingnya bisnis memiliki akses ke berbagai penyedia AI, menyarankan bahwa ketergantungan Microsoft pada satu sumber menimbulkan potensi kekhawatiran.

Dengan peluncuran Amazon Q oleh Amazon menandai langkah penting dalam strategi AI perusahaan, menempatkannya sebagai pemain kunci dalam lanskap AI generatif yang berkembang pesat. Dengan fokusnya pada keamanan, kontrol data, dan akses ke berbagai penyedia AI, Amazon bertujuan untuk mengatasi kekhawatiran dan tantangan yang dihadapi bisnis saat mengadopsi chatbot AI. Masa depan AI generatif dan dampaknya pada dunia bisnis tetap menarik dan tidak terduga, dengan Amazon Q yang tak diragukan lagi memainkan peran penting dalam membentuk teknologi transformatif ini.

Sumber : https://www.nytimes.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *