Home » Teknologi » Apa Itu eSIM?

Apa Itu eSIM?

apa itu eSIM

eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module adalah teknologi SIM digital yang tertanam langsung di dalam perangkat. Teknologi ini tidak memiliki wujud fisik seperti kartu SIM biasa. Pengguna cukup memindai barcode atau QR code untuk mengaktifkannya. Tertarik? Simak bahasan berikut untuk memahami teknologi ini.

Keunggulan eSIM

Teknologi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kartu SIM biasa, antara lain:

  • Karena tidak memiliki wujud fisik yang besar, sehingga tidak memakan banyak ruang di dalam perangkat.
  • Lebih aman, karena tidak dapat dilepas-pasang dan mudah dicuri.
  • Lebih mudah untuk mengaktifkan, karena tidak perlu memasukkan kartu SIM fisik.
  • Lebih fleksibel, karena pengguna dapat mengaktifkan beberapa operator sekaligus.
apa itu eSIM

Cara Kerja eSIM

eSIM menggunakan teknologi yang disebut eUICC (embedded Universal Integrated Circuit Card). eUICC adalah chip yang tertanam di dalam perangkat dan berfungsi sebagai pengganti kartu SIM fisik.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, pengguna perlu mengunduh profil operator seluler dari operator tersebut. Profil ini dapat diunduh melalui aplikasi seluler operator atau situs web operator.

Setelah profil operator diunduh, pengguna dapat mengaktifkannya dengan memindai barcode atau QR code yang terdapat di profil tersebut.

Jika anda kesulitan untuk menggunakan dan mengaktifkannya, biasanya operator seluler menyediakan support untuk para pelanggan yang akan menggunakan teknologi baru SIM ini.

Perangkat yang Mendukung

Saat ini, eSIM telah didukung oleh sebagian besar perangkat seluler terbaru. Beberapa contoh perangkat yang mendukung Teknologi ini antara lain:

  • iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR
  • Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+, Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Google Pixel 4, Google Pixel 4 XL
  • iPad Pro 2020
  • Apple Watch Series 5

Baca juga : iPhone XR Masih Layak di Tahun 2024? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Operator Seluler di Indonesia juga sudah mulai mendukung teknologi ini. Sebagai contoh eSIM XL, eSIM Telkomsel, Indosat, dan yang lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan langsung tanyakan ke Gerai operator seluler kesayangan anda.

eSIM adalah teknologi SIM digital yang menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan kartu SIM biasa. Aman, mudah untuk diaktifkan, dan lebih fleksibel.

Dengan semakin banyaknya perangkat yang mendukung eSIM, diperkirakan teknologi ini akan semakin populer di masa depan. Jadi, tunggu apa lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *