Home » Teknologi » Huawei P50 Pro: Masih Worth It di Tahun 2024?

Huawei P50 Pro: Masih Worth It di Tahun 2024?

huawei P50

Huawei P50 Pro adalah smartphone flagship yang dirilis oleh Huawei pada bulan Oktober 2021. Smartphone ini memiliki desain yang elegan dan mewah, dengan layar OLED 6,6 inci yang tajam dan jernih. P50 Pro juga dilengkapi dengan kamera yang sangat mumpuni, dengan quad-camera belakang yang terdiri dari sensor utama 50 MP, sensor ultrawide 40 MP, sensor telefoto 12 MP, dan sensor periskop 64 MP.

Huawei P50 Pro tersedia di Indonesia dalam satu varian, yaitu RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Harga resminya adalah Rp14.999.000, tetapi saat ini sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang lebih murah, yaitu mulai dari Rp6.000.000.

huawei p50 pro
gambar : Huawei.com

Spesifikasi dan Fitur Huawei P50 Pro

Berikut adalah spesifikasi dan fitur utama :

  • Layar: OLED 6,6 inci, resolusi 2772 x 1225 piksel, refresh rate 120 Hz
  • Prosesor: Snapdragon 888 4G
  • RAM: 8 GB
  • Memori internal: 256 GB
  • Kamera belakang: 50 MP (wide), 40 MP (ultrawide), 12 MP (telefoto), 64 MP (periskop)
  • Kamera depan: 13 MP
  • Baterai: 4.360 mAh
  • OS: HarmonyOS 2

Secara umum, Huawei P50 Pro masih worth it di tahun 2024, terutama jika Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah dari harga resmi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Huawei P50 Pro masih worth it di tahun 2024:

  • Desain yang elegan dan mewah. Huawei P50 Pro memiliki desain yang elegan dan mewah, dengan bodi kaca yang mengkilap dan bingkai logam yang kokoh. Smartphone ini di pasarkan juga tersedia dalam bermacam pilihan warna yang pasti menarik.
  • Layar OLED yang tajam dan jernih. Dengan layar OLED 6,6 inci yang tajam dan jernih. Layar ini memiliki resolusi 2772 x 1225 piksel dan refresh rate 120 Hz, sehingga memberikan pengalaman visual yang sangat baik.
  • Kamera yang sangat mumpuni. Huawei P50 Pro dilengkapi dengan kamera yang sangat mumpuni, dengan quad-camera belakang yang terdiri dari sensor utama 50 MP, sensor ultrawide 40 MP, sensor telefoto 12 MP, dan sensor periskop 64 MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas tinggi, bahkan dalam kondisi low-light.
  • Baterai yang tahan lama. Dengan memiliki baterai berkapasitas 4.360 mAh yang tahan lama. Smartphone ini baterai kapasitas besarnya mampu bertahan hingga satu hari penuh dengan pemakaian normal.
  • Tahan Air. Ya, Huawei P50 Pro tahan air. Smartphone ini memiliki sertifikasi IP68, yang berarti tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Dengan sertifikasi ini, Anda tidak perlu khawatir jika smartphone Anda terkena cipratan air atau hujan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati untuk tidak merendam smartphone Anda dalam air.
huawei P50
gambar : huawei.com

Baca Juga : 5 Smartphone Tercanggih di Dunia 2023

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli Huawei P50 Pro, yaitu:

  • Tidak mendukung jaringan 5G. Seri ini hanya mendukung jaringan 4G, sehingga Anda tidak bisa menikmati kecepatan jaringan 5G.
  • Tidak memiliki Google Mobile Services. Huawei P50 Pro tidak memiliki Google Mobile Services, seperti Google Play Store, Gmail, dan Google Maps. Anda perlu menggunakan aplikasi alternatif dari pihak ketiga untuk mengakses layanan-layanan tersebut.

Mengapa Huawei Tidak Memiliki Google Mobile Services

Huawei tidak memiliki Google Mobile Services (GMS) karena adanya sanksi dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Pada tahun 2019, pemerintah AS memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (entity list), yang melarang perusahaan AS untuk melakukan bisnis dengan Huawei.

GMS adalah serangkaian layanan yang dikembangkan oleh Google untuk perangkat Android. Layanan-layanan ini mencakup Google Play Store, Gmail, Google Maps, dan banyak lagi. Tanpa GMS, pengguna Huawei tidak dapat mengakses layanan-layanan tersebut.

Huawei telah mengembangkan alternatifnya sendiri untuk GMS, yang disebut Huawei Mobile Services (HMS). HMS mencakup AppGallery, Huawei Cloud, dan Huawei Maps. Namun, HMS masih belum sepopuler GMS, dan banyak aplikasi populer yang tidak tersedia di AppGallery.

Huawei telah berusaha untuk bekerja sama dengan pemerintah AS untuk mencabut sanksi tersebut. Namun, sampai saat ini, upaya Huawei tersebut belum mendapatkan hasil.

Kesimpulan

Secara umum, Huawei P50 Pro masih merupakan smartphone flagship yang sangat baik dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Harganya yang lebih murah dari harga resmi membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang menginginkan smartphone flagship dengan harga terjangkau.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk ini, yaitu tidak mendukung jaringan 5G dan tidak memiliki Google Mobile Services. Jika Anda tidak membutuhkan jaringan 5G dan tidak keberatan menggunakan aplikasi alternatif dari pihak ketiga, maka Huawei P50 Pro masih merupakan pilihan yang sangat baik di tahun 2024.

Untuk detail lebih lanjut, anda bisa menuju ke web resmi Huawei di alamat ini https://consumer.huawei.com/id/phones/p50-pro/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *