Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Manfaatkan Long Tail Keyword Untuk Meningkatkan Traffic

Satu hal yang seringkali luput dari perhatian, terutama para pemain SEO baru. Ada Long Tail Keyword yang bisa “dimainkan” untuk menekan tingkat persaingan dari sebuah kata kunci.

Memiliki website atau blog dengan traffic berlimpah tentu menjadi dambaan setiap orang. Maka Segala daya upaya, segala macam teknik SEO dikerahkan untuk itu. Namun seringkali jauh panggang daripada api, traffic yang diharapkan tidak bertambah sesuai harapan.

Long tail keyword untuk meningkatkan traffic

Apa itu Long tail keyword dan mengapa penerapannya dalam teknik SEO bisa menaikan traffic web atau blog anda? Silahkan simak tulisan berikut:

Short Tail Keyword VS Long Tail Keyword

Short Tail Keyword adalah kata kunci yang umumnya paling banyak digunakan. Terdiri dari 1 sampai 3 kata saja. Short Tail keyword memiliki tingkat persaingan yang tinggi karena tidak spesifik.

Sedangkan Long Tail Keyword adalah kata kunci yang merupakan kebalikan dari Short Tail Keyword. Terdiri lebih dari 3 kata. Karena spesifik, tipe Keyword panjang ini tingkat persaingannya tidak setinggi Short Tail Keyword.

Long Tail Keyword Untuk Meningkatkan traffic

Seperti dijelaskan diatas, Kata kunci panjang (long tail) memiliki tingkat persaingan yang rendah. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang untuk bisa menaikkan ranking web kita.

Karena persaingannya rendah, maka usaha yang harus dilakukan tentu tidak seberat persaingan yang tinggi.

Tidak seperti Kata kunci pendek yang menargetkan kata kunci yang kurang spesifik, Kata kunci panjang akan dapat menembak pangsa pasar jauh lebih spesifik.

Sebagai contoh, apabila terdapat kata kunci “Samsung S21” sebagai fokus keywordnya. Lalu Anda bisa cobakan dengan mengetikan kata Samsung S21 ke mesin pencari Google.

Hasilnya akan nampak seperti berikut ini :

Short tail keyword

Anda bisa melihat bahwa hasil pencarian masih sangat luas. Hanya sebatas tema tentang Samsung S21 saja. Yang muncul bisa spesifikasi, harga, kelemahan dan lain sebagainya.

Dan coba anda lihat tingkat persaingannya yang ditampilkan di bawah kotak pencarian. Jika anda menggunakan kata kunci pendek (Short Tail), anda akan bersaing dengan kurang lebih 134 Juta orang. Sanggup ?

Bandingkan dengan penggunaan kata kunci panjang (long tail) berikut ini :

Long tail keyword

Contoh berikut ini menggunakan Kata kunci panjang “kelebihan samsung s21 ultra dengan apple 12 pro max”.

Perhatikan bahwa hasil pencariannya menjadi lebih spesifik. Begitu juga dengan tingkat persaingannya. menurun Drastis!

Kali ini anda hanya akan bersaing dengan 225 ribu orang saja (lihat di bawah kotak pencarian). Bandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 134 Juta. Wow! Inilah peluang yang bisa anda mainkan untuk menaikkan traffic website anda.

Selain itu, konten yang anda buat bisa menjadi lebih rinci ke pembahasan pokoknya serta tertarget, dibandingkan dengan short tail keyword yang luas dan lebih mengambang.

Cara Mencari Long Tail Keyword

Cara paling mudah untuk mencari Kata kunci panjang adalah dengan memanfaatkan Mesin Pencari Google. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

Gunakan Google Search “auto complete”

Cobalah mengetikkan sebuah kata misalnya “Long Tail Keyword” di kotak pencarian. Anda akan melihat beberapa saran pencarian yang muncul berbarengan anda mengetikkan huruf per hurufnya.

cara mencari kata kunci panjang

Suggestion words atau saran kata-kata ini bisa anda manfaatkan untuk menentukan kata kunci panjang yang akan anda gunakan di artikel SEO anda.

Gunakan “Orang juga bertanya” di Google Search

Ketika anda mengetikkan sebuah kata atau kalimat pencarian di kotak penelusuran Google, akan ada suggestion/saran yang muncul juga biasanya di bagian tengah halaman hasil pencarian, yaitu sebuah tampilan daftar pertanyaan “Orang Juga Bertanya”.

Sort tile keyword vs long tail keyword

Bahkan jika anda klik salah satu pertanyaan yang di munculkan, akan di tampilkan lebih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan.

Pertanyaan-pertanyaan inipun bisa anda pergunakan sebagai pilihan Long Tile Keyword.

Gunakan “Penelusuran yang terkait” di Google Search

Masih ada satu lagi dari hasil pencarian Google yang bisa anda manfaatkan. Yaitu kotak atau fitur penelusuran terkait yang di tampilkan di bagian paling bawah hasil pencarian.

menaikkan ranking web dengan kata kunci panjang

Sama seperti dua hal sebelumnya, Hasil yang ditampilkan inipun bisa langsung anda pergunakan di artikel anda.

Untuk metode mencari Kata kunci panjang selain dengan Google Search, anda bisa coba tool yang setahu saya gratis yaitu Soovle. Silahkan dicoba sendiri yak..hehe.

Demikian tulisan tentang Tips dan Trik SEO terutama menggunakan Long Tail Keyword untuk menaikkan traffic website. Semoga berguna bagi sahabat Maswo semua.

Salam Perdamaian!

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *