Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Pola Hidup Sehat Agar Tetap Bugar

Pola hidup sehat dan Kesehatan sangat erat hubungannya. cara hidup sehat seseorang akan menentukan seberapa bugar dirinya, untuk tidak mudah terserang suatu penyakit.

Kesehatan itu mahal harganya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kesehatan adalah harta yag tidak bisa dinilai dengan apapun. Saat seorang sedang tidak sehat, dia dan orang-orang terkasih pasti akan melakukan segala cara agar dapat segera sehat kembali.

Upaya yang ditempuh pun bermacam-macam. dari yang medis sampai ke non medis. Bahkan ada yang ke paranormal dan “orang pintar”. Tak jarang sampai menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Butuh usaha keras dan tingkat kesabaran yang tinggi untuk kembali normal.

Hal ini yang terkadang luput dari perhatian kita semua. Bahwa jauh lebih mudah mengupayakan kesehatan daripada nanti saat tersadar, kita sudah terbaring tak berdaya di rumah sakit.

Untuk menjadi sehat, terkadang tidak membutuhkan biaya sama sekali. Kuncinya hanya kemauan dan ketlatenan. Nah, di bagian ini tentu tidak setiap orang dari kita konsisten mejalankannya.

Lalu bagaimana pola hidup sehat yang baik?
Banyak ahli kesehatan merekomendasikan tentang cara hidup sehat. Tapi tentu saja harus kita sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Berikut beberapa tips yang bisa teman-teman ikuti.

Istirahat yang cukup

Tidak seperti mesin disel, tubuh kita butuh di istirahatkan setiap kali agar bisa recovery untuk kembali fit. Istirahat yang cukup, salah satu nya adalah dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan mampu menyiapkan tubuh untuk siap beraktifitas kembali.

Tahukah anda, bahwa orang dengan kebutuhan tidur yang tidak terpenuhi akan menjadi cepat tua?
Tidur cukup membuat anda awet muda dan terhindar dari kondisi yang disebut penuaan dini.

Minum air putih yang banyak

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Maka setiap kali kondisi cairan di tubuh berkurang, setiap kali pula harus di isi kembali.
Bagaimana air tubuh dapat berkurang? Banyak hal yang menyebabkannya. Misalnya keringat, Buang air kecil dan air besar, bahkan saat bernafaspun kita mengeluarkan air.

Dalam kondisi cuaca tropis seperti di Indonesia, kebutuhan akan air tentu lebih besar dari negara lain yang tidak beriklim tropis. Rata-rata kita harus minum air berkisar antara 2.5 sampai 4 liter air setiap harinya. Tentu saja ini tergantung juga dari aktifitas yang dilakukan.

Terkadang orang menganggap remeh tentang minum air putih ini. Baru akan terasa saat dehidrasi terjadi. Awalnya pusing karena darah menjadi kental dan sulit menjangkau setiap anggota tubuh terutama otak. Jika ini dibiarkan berlarut, tentu bisa berakibat fatal.

Olahraga teratur

Dengan olahraga teratur, kita sudah melaksanakan salah satu pola hidup sehat.
Seorang ahli kesehatan pasti manganjurkan setiap orang untuk melakukan hal ini karena maanfaat dari olahraga ternyata sungguh luar biasa untuk kesehatan.

Olahraga dapat meningkatkan harapan hidup, mencegah osteoporosis dan yang pasti, dapat meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh inilah yang di perlukan untuk melawan segala penyakit yang akan masuk.

Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja tapi dilakukan teratur setiap hari. Jalan kaki atau joging dapat menjadi pilihan pas selain mudah dilakukan, yang tentu saja murah. Apalagi bagi anda yang sibuk, susah menyisihkan waktu untuk datang ke fitnes center dan sebagainya.

Lakukan kegiatan ini dengn perasaan suka dan tidak terpaksa.Lakukan bersama keluarga dan buat permainan yang menyenangkan agar setiap keluarga merasa senang. Berkeringat, capek tapi membahagiakan.

Berangkat ke tempat kerja dengan kendaraan umum juga baik untuk tubuh anda, karena anda akan “dipaksa” jalan kaki dan sedikit berkeringat. Pilihlah tangga biasa untuk sekedar olahraga kecil daripada naik lift.
Cara hidup sehat dengan cara simpel begini, kalau dilakukan secara konsisten pasti berefek baik untuk kesehatan kita.

Lebih Banyak makan buah dan sayuran

Buah mengandung lebih banyak vitamin. yang pasti diperlukan tubuh untuk regenerasi sel yang rusak atau melemah. Lebih baik makan buah yang banyak jika kita kekurangan vitamin daripada minum vitamin dalam bentuk pil dan tablet yang banyak dijual. Vitamin yang ada di buah pasti lebih alami dan menyehatan

Lalu bagaimana dengan konsumsi sayuran?
Anak-anak saat ini banyak yang tidak suka, bahkan tidak doyan makan sayuran. padahal di sayuran, selain terkandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh, juga mampu mejadikan pencernaan kita sehat karena banyak mengandung serat.

Bagi anda yang kurang mengkonsumsi buah dan sayuran karena berbagai alasan, belajarlah untuk mulai mengkonsumsinya sebagai bagian dari pola hidup sehat. Menurut para ahli kita harus menyediakan 5-9 bagian buah dan sayuran agar mampu mendukung kesehatan tubuh kita. Satu lagi, sayur dan buah mengandung banyak antioksidan yang akan membuat anda awet muda.

Kendalikan diri dari konsumsi Gula dan Garam berlebihan

Ada banyak orang yang menyukai rasa-rasa makanan yang kuat seperti manis dan asin. Tidak ada yang salah dengan rasa ini, tetapi kandungan gula dan garam inilah yang kalau berlebihan pasti akan mempengaruhi kesehatan kita.

Mulai dari Obesitas sampai dengan penyakit mematikan seperti diabetes dan jantung, bisa bermula dari konsumsi gula dan garam yang tak terkendali.

Berpikir positif

Apakah pola hidup sehat dan kondisi kesehatan seseorang dipengaruhi juga dengan pikiran yang positif? Tentu saja. Banyak penyakit yang muncul yang berasal dari pikiran yang tidak sehat. Maka, hindarkan diri anda dari rasa tidak senang, tertekan dan kecemasan.

Tumbuhkan perasaan gembira dan bahagia bagaimanapun caranya. Apa yang terjadi kalau pikiran sakit? Pasti tubuhpun ikut sakit, tidak nyaman dan bahkan jatuh dan tidak mampu beraktifitas.

Tentu masih banyak tips dan trik aktifitas positif cara hidup sehat maupun pola hidup sehat yang belum disampaikan. Anda boleh eksplor sendiri dan sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Yang pasti, akan lebih baik mulai mencegah dan menjaga kesehatan walaupun sudah dirasa telat, daripada nanti saat kita sakit dan tidak bisa berbuat apa-apa, barulah kita menyadarinya. Kuncinya adalah keinginan kuat untuk sehat dan Konsisten!

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *