Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Tes Kecepatan Internet Dengan Speedtest Biznet

Masih banyak yang belum mengetahui cara tes kecepatan Internet, cek kecepatan internet yang digunakan. Paling cuma berpatokan dari spesifikasi yang didapat saat berlangganan. Paket Internet dengan kecepatan 10Mbps, 20MBps dan sebagainya. Namun kecepatan yang sebenarnya berapa? tidak tahu.

Dengan melakukan cek kecepatan internet dan mengetahui hasilnya, tentu saja akan memberikan kelegaan bahwa memang kecepatan internet yang kita beli sesuai dengan spesifikasi atau sesuai paket internet yang di tawarkan ISP.

Walaupun cara melakukan tes kecepatan internet ini cukup mudah, namun masih banyak juga yang belum mengetahui caranya. Nah, berikut ini cara untuk memeriksa kecepatan internet yang anda pergunakan di rumah maupun di kantor.

Tes Kecepatan Internet dari Biznet

Kali ini saya akan berbagi cara test kecepatan internet dengan menggunakan web speedtest milik biznet. Seperti kita tahu, Biznet adalah sebuah perusahaan layanan akses internet cepat yang sudah lama dan berpengalaman.

Untuk mendukung layanannya, Biznet ingin menunjukkan kepada pelanggan bahwa layanan internet cepatnya bukanlah layanan abal-abal yang hanya di atas kertas saja.

maka Biznet pun meluncurkan alat untuk melakukan cek kecepatan internet yang bisa anda akses di laman berikut : https://speedtest.biznetnetworks.com/

Layanan web speedtest dari Biznet ini berbeda dengan layanan serupa lainnya. Unik karena web speedtest Biznet ini bisa anda gunakan dengan sangat mudah, bahkan anda tidap perlu atau harus mengklik apapun.

Kok bisa? yah, pengecekan kecepatan Internet anda akan langsung berjalan secara secara otomatis sesaat setelah laman web speedtest biznet terbuka. Hasilnya akan segera muncul setelah beberapa detik.

Informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Mulai dari server yang di pergunakan, waktu ping, kecepatan download dan kecepatan upload. Dilengkapi dengan grafik untuk dapat lebih memahami hasil yang ditampilkan.

Bagimana caranya menggunakan Speedtest biznet?

Silahkan masuk ke URL web speedtest biznet atau anda bisa langsung klik tautan yang saya tuliskan di atas dengan laptop anda. Akan muncul Tampilannya yang simple dan sederhana sebagai berikut :

tes internet cepat biznet

Jika anda tidak sabar menunggu, anda bisa langsung klik tombol “MULAI” untuk memulai tes kecepatan internet atau tes jaringan internet yang anda gunakan.

Akan muncul tampilan grafik pengujian dan angka yang bergerak-gerak sesuai hasil secara realtime. setelah beberapa test selesai, munculah hasil keseluruhannya sebagai berikut :

test kecepatan internet

Hasil pengujian atau test kecepatan internet diatas bisa dilihat, server nya, hasil ping, data jitter, unduh dan unggahnya. Cukup simpel tapi informatif.

Anda bisa praktekkan sendiri untuk tes jaringan komputer di tempat anda sendiri seberapa cepat dan lancarnya internet yang anda pergunakan.

Sebenarnya ada layanan lain untuk melakukan tes kecepatan internet ini selain speedtest dari Biznet. Sebagai referensi saya akan tunjukkan beberapa layanan serupa. Anda bisa bandingkan sendiri dan rasakan kelebihan dan kekurangannya.

Speedtest by Ookla

layanan ini secara tampilan simpel dan juga mudah digunakan. Saat anda masuk ke situsnya https://www.speedtest.net/, akan muncul tampilan tombol “GO” yang bisa anda klik untuk mulai pengetesan.

speedtest by OOkla

Data yang disajikan berupa hasil ping, unduh dan unggah. Selain juga informasi Server internet yang digunakan. Ada tampilan berbeda dengan adanya iklan di sekitar tombol pengujian. Yah, maklum saja karena ini layanan gratis tapi cukup baik.

Layanan cek Kecepatan Internet Fast.com

Fast.com juga memberikan layanan instan bagi anda yang membuka alamat URL nya. Anda tidak perlu klik apapun karena akan langsung mengetes kecepatan internet anda secara otomatis.

fast

Ada sedikit perbedaan informasi yang di tampilkan dibanding layanan lain. Tetapi ini hanya terkait istilah saja sebenarnya. Kalau di layanan lain akan muncul ping dan jitter, tapi kalau di Fast akan muncul istilah latency.

Selebihnya upload dan download akan ditampilkan seperti layanan test kecepatan internet yang lain. Cukup mudah dan informatif

CBN Speedtest

Untuk membuka layanan ini, browser anda harus sudah terinstall Adobe Flash Player terlebih dahulu agar layanan ini bisa berjalan dengan baik. Tidak perlu khawatir, biasanya laptop terbaru sudah terinstall aplikasi ini. Tetapi jika belum, maka anda harus menginstallnya dulu.

Layanan ini bisa anda buka di alamat URL https://speedtest.cbn.id/

speedtest CBN

Nah itulah beberapa web untuk tes kecepatan internet selain speedtest biznet yang bisa anda pergunakan untuk cek kecepatan Internet yang anda pakai. namun perlu anda pahami bahwa setiap hasil pengujian hanya bisa anda jadikan gambaran dan referensi saja untuk mengetahui kondisi jaringan dan kecepatannya.

Karena naik dan turun kondisi jaringan internet akan sangat dinamis karena terpengaruh oleh banyak faktor. Maka jangan menganggap angka yang ditampilkan adalah angka pasti, karena akan sangat sulit menunjukkan angka pasti untuk hasil pengujian dengan kondisi yang sangat dinamis dan terpengaruh banyak hal. Anggap saja itu sebagai kisaran saja.

Sekali-sekali anda perlu menjalankan test kecepatan Internet agar anda tahu kondisi layanan dan kondisi kesehatan akses internet anda. Jangan sampai anda langganan 100 MBps, tapi realitanya hanya 10 MBps dan anda tidak tahu. Kan sayang sudah bayar mahal anda tidak mendapatkan layanan internet sesuai spesifikasi yang anda bayarkan.

Demikian teman-teman sahabat Maswo semua, Sedikit share yang bisa dibagikan kali ini tentang bagaimana cara test kecepatan internet. Semoga berguna bagi teman-teman semua. Jika ada pertanyaan dan komentar jangan sungkan tuliskan di bagian bawah tulisan ini ya,

Salam Perdamaian !

Add a Comment

Your email address will not be published.