Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Tipe Keyword Versus Tipe Konten

tipe konten vs tipe keyword

Memilih tipe keyword yang sesuai dengan Tipe Konten sangat penting dalam proses SEO agar artikel kita mendapatkan performa yang baik di Google.

Banyak orang yang ternyata masih belum paham tentang ini. Konten kan hanya artikel, kenapa harus repot?

Artikel adalah jenis konten yang paling gampang dilakukan. Tipe konten berupa artikel Inilah yang biasanya dibuat pemilik blog untuk mengisi blog nya.

Namun konten itu tidak hanya berupa artikel. Anda harus mencari tahu tipe konten yang diperlukan untuk keyword atau kata kunci yang di pilih.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah, banyak yang menggunakan artikel untuk semua tipe keyword. Dan ini sangat tidak disarankan, karena Google tahu konten seperti apa yang sesuai untuk sebuah keyword.

Misalnya, jika anda menentukan sebuah keyword, dan anda membuat artikelnya. Tapi ternyata Keyword yang anda pilih lebih sesuai dengan sebuah halaman Produk atau konten video.

Maka bisa dipastikan, tipe konten artikel yang anda sudah siapkan tidak akan menempati peringkat 1 di Google.

Walaupun artikel yang anda buat berkualitas dan sudah memenuhi kaidah-kaidah SEO.

Perhatikan Search Intent saat menentukan tipe keyword dan tipe konten. Secara singkat, search intent mengacu pada apa yang sebenarnya dicari oleh audience terhadap satu kata kunci atau keyword, saat melakukan pencarian di Google.

Misalnya, terdapat kata kunci “beli rumah murah”. Seseorang yang menggunakan kata kunci ini dalam pencariannya di Google pasti menginginkan untuk membeli rumah dengan harga murah. Bukannya mencari artikel tentang rumah, ataupun panduan membeli rumah.

Keyword diatas adalah tipe keyword transactional. Google pasti akan menampilkan sebuah produk dari online shop atau situs yang menjual sebuah produk.

Contoh lain adalah “promo hotel murah”. Yang muncul pastinya bukan artikel, tetapi laman promo hotel seperti tiket dot com dan portal besar lainnya yang sejenis. Yang jelas, bukan artikel dan tidak ada satupun yang tipe konten artikel.

Artinya apa? Jika anda memaksakan untuk membuat konten dengan tipe artikel dan tipe keyword transactional, artikel anda sangat sulit bahkan tidak akan pernah bisa mendapatkan ranking 1 di Google.

Maka, jangan sembarangan dan salah dalam membuat dan memilih tipe konten.

Keyword transactional akan cocok jika anda adalah pemilih toko online atau ecommerce. Anda pasti menginginkan produk anda tampil di halaman satu pencarian.

Tapi juga tidak semudah itu ferguso…hehe.

yang anda perlu tahu adalah, persaingan di keyword transactional sangat tinggi dan ketat untuk produk-produk yang umum. Dan tambah lagi, portal-portal besar ecommerce seperti lazada, tokopedia dan lain-lain, semua mengincar tipe keyword ini.

Jika anda pemilik toko online baru, dan enggan mengeluarkan biaya besar untuk promosi seperti para pemain besar ini, anda akan kesulitan naik peringkat.

Yang bisa anda lakukan saat bersaing dengan para raksasa ini, anda bisa membuat tipe konten artikel yang berisi informasi tentang produk yang anda buat atau anda jual. Lengkapi dengan video dan informasi detail lainnya. Buatlah artikel berkualitas tinggi agar Google menganggap web atau artikel anda bernilai.

Share ke berbagai forum dan sosial media, bahkan ke blog orang lain. Yang terakhir ini pasti memiliki nilai lebih karena anda akan mendapatkan backlink dari sana. Karena banyak yang mereferensikan, Google pasti akan menganggap website anda penting dan memiliki reputasi bagus.

Yakin, pelan tapi pasti, artikel anda akan naik ranking di Google.

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *