Home » SEO » Tips Membuat Artikel bebas Dari Plagiat

Tips Membuat Artikel bebas Dari Plagiat

Bagaimana cara membuat artikel yang bebas dari plagiat? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan para blogger saat hendak menulis untuk di terbitkan di blog nya.

Sebelumnya, mungkin anda pernah mendengar istilah plagiarisme? Yah, istilah ini mengacu kepada sebuah tulisan yang terdeteksi mencontek atau menjiplak tulisan orang lain.

Banyak orang yang hanya melihat dan mencari artikel yang tersedia banyak saat ini di internet, tetapi hanya men-copy dan mem-paste nya saja tanpa merubah sedikitpun.

Tindakan ini tentu saja melanggar hak cipta, apalagi tulisan ini kemudian di publish atau disebar luaskan di internet. Bukan tidak mungkin suatu saat anda akan tersandung urusan hukum karena melakukan tindakan plagiarisme.

Nah, dalam tulisan Maswo kali ini akan sedikit membahas tentang bagaimana caranya supaya tulisan-tulisan kita yang di publish di blog anda terhindar dari plagiarisme.

Berikut beberapa tips nya :

Lakukan riset yang mendalam. Pastikan Anda memahami topik yang akan Anda tulis sebelum mulai menulis. Anda dapat melakukan riset dulu dengan membaca artikel, tulisan di web lain, buku, dan semua sumber lain yang relevan.

Kutip sumber Anda dengan benar. Setiap kali Anda menggunakan informasi dari sumber lain, anda harus memastikan bahwa Anda mengutipnya dengan benar. Anda dapat menggunakan kutipan langsung atau kutipan tidak langsung.

Gunakan bahasa Anda sendiri. Hindari menyalin-tempel teks ‘mentah-mentah” dari sumber lain. Sebisa mungkin, gunakan bahasa dengan gaya bahasa anda sendiri untuk menjelaskan setiap informasi yang Anda kutip.

Gunakan alat plagiarisme. Saat ini ada banyak alat untuk memeriksa plagiarisme yang tersedia secara online yang pastinya dapat Anda gunakan untuk memeriksa artikel Anda terlebih dahulu sebelum anda mempostingnya agar terhindar dari plagiarisme.

Jika anda melakukan semua tips diatas, tulisan anda pasti bebas dari plagiat.

Sebagai seorang blogger, apa resikonya jika blog anda ternyata terdeteksi sebagai plagiat? Selain melanggar hukum hak cipta, blog anda akan terkena “hukuman” oleh google dan mungkin blog anda akan masuk “penjara” nya Google.

Jika ini terjadi, blog anda tidak akan ditemukan dengan kata kunci apapun di Google Search. Hal ini tentu akan sangat merugikan anda, apalagi jika blog anda sudah dimonetize.

“Penjaranya” Google ini bisa bersifat sementara, tapi juga bisa permanen. Tergantung seberapa berat pelanggaran plagiat nya.

Resiko yang jelas, anda akan kehilangan pembaca setia, penghasilan anda dari iklan pasti akan menurun drastis bahkan hilang.

Maka, membuat tulisan atau artikel yang bebas dari plagiat, hukumnya wajib bagi para pemilik blog.

Salam Perdamaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *