Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Mengenal Featured Image WordPress Dan Kegunaanya

Banyak teman-teman saya yang bertanya “Apa itu Featured Image? Apa kegunaan featured image WordPress? Bagaimana cara menambahkannya?” dan sebagainya.

Nah, di artikel Maswo kali ini akan kita bahas segala sesuatu yang berhubungan dengan fitur yang disediakan oleh CMS WordPress ini.

Feature image wordpress

Featured Image WordPress

Featured image WordPress merupakan foto atau gambar yang berguna untuk mendeskripsikan sebuah tulisan di blog anda. Keberadaannya tentu saja penting, karena dari gambar/foto yang ada, pengunjung akan mengetahui gambaran artikel apa yang ada di dalamnya.

Featured Image yang menarik dan Eye Catching tentu akan mengundang rasa penasaran pembaca untuk mengetahui lebih jauh. Maka Featured image haruslah dibuat semenarik mungkin serta merepresentasikan keseluruhan isi tulisan atau postingan anda.

Gambar atau Foto ini akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail di samping atau di atas tulisan ketika pengunjung membuka website atau blog anda.

Begitu juga saat anda membagikan postingan anda di sosila media seperti Whatsapp, Facebook atau twitter, Featured Image WordPress juga inilah yang akan di tampilkan.

Ukuran Featured Image WordPress

Setiap Tema yang anda gunakan di WordPress memiliki cara nya sendiri untuk menampilkan featured Image. Begitu juga dengan ukurannya.

Ukuran Foto atau gambar yang besar sekalipun akan dapat ditampilkan di web atau blog anda karena ada mekanisme yang mengatur ukuran gambar ditampilkan secara otomatis.

featured image wordpress

Lalu apakah bisa sembarang saja menentukan ukuran Featured Image ? Hal ini yang jarang dipahami oleh para blogger. Foto yang diambil dari kamera DSLR, langsung di upload tanpa edit dan dengan ukuran aslinya. Wow!!

Tidak ada yang melarang, dan anda sah-sah saja melakukan hal tersebut. Tetapi ada konsekuensi yang akan terjadi jika ukuran gambar atau foto terlalu besar. Waktu load website atau blog anda akan menjadi berat. Gambar atau Foto akan membutuhkan waktu lama untuk tampil sepenuhnya karena ukurannya yang besar. Bahkan saat di share ke media sosial, Featured Image tidak muncul.

Ukuran yang pas tidak hanya masalah dimensi (ukuran tinggi dan lebar), tetapi juga terkait dengan ukuran file nya (File Size). Ukuran besar tetapi ukuran filenya kecil pasti akan menjadi lebih ringan. Untuk ukuran file (File Size) sebaiknya tidak lebih dari 200kb. Hal ini juga berlaku untuk semua gambar/Foto di Artikel.

Sedangkan untuk dimensi (ukuran) anda bisa tetapkan sebesar 1024 x 768 atau 800 x 600 dalam satuan pixel. Ukuran sebesar ini sudah cukup baik untuk tampilan di layar komputer atau layar HP.

Bagaimana mengubah Ukuran Featured Image?

Ada beberapa cara untuk merubah ukuran gambar atau foto sebelum anda upload. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Photo Editing seperti Adobe Photoshop atau aplikasi grafis sejenis.

Untuk cara lebih mudah tanpa memikirkan hal teknis, anda bisa memanfaat aplikasi photo Resizer, atau layanan resize (merubah ukuran) foto online yang banyak tersedia di Internet. Khusus untuk Photo Resizer, anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang “Cara Memperkecil Ukuran File Secara Masal“.

Gunakan Plugin

Untuk File Foto atau gambar yang hendak anda upload, anda bisa menggunakan cara diatas. Tapi bagaimana dengan Featured image yang sudah terlanjur di upload? Kalau edit satu persatu tentu saja membutuhkan waktu lama dan effort yang tidak sedikit.

Cara pertama, anda bisa edit file function.php WordPress anda. Tetapi cara ini membutuhkan pengetahuan coding PHP dan urusan teknik pemrograman lainnya.

Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan plugin untuk optimasi gambar atau Foto di WordPress. Ada beberapa plugin yang anda bisa manfaatkan untuk memperkecil ukuran gambar dan Featured Image WordPress. Misalnya : ShortPixel Image Optimizer, Optimus Image Optimizer, Imagify Image Optimizer dan sebagainya.

Anda bisa menambahkan Plugin ini melalui menu plugin-Add New, lalu silahkan cari plugin yang anda inginkan.
Sesaat setelah anda menambahkan plugin, maka secara otomatis plugin ini akan bekerja secara otomatis untuk anda.

Cara Menambahkan di WordPress

Untuk menambahkan gambar atau Foto sebagai Featured Image di WordPress cukup mudah. Anda tinggal Masuk di pengaturan Post atau Block dengan klik icon roda gigi di sebelah kanan layar CMS WordPress. Scroll kebawah dan cari menu Feature Image.

menambahkan featured image wordpress

Klik pada kotak kosong berwana abu-abu untuk menambahkan feature image, lalu pilih upload atau gunakan gambar yang sudah tersedia di media. Isikan Alt image an atribut lainnya (opsional), lalu klik tombol “Set Featured Image”. Selesai.

Demikian Tulisan Kali ini tentang apakah itu Featured image WordPress, Semoga berguna untuk sahabat-sahabat pembaca Maswo semua. Silahkan tinggalkan jejak atau pertanyaan di kolom komentar.

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *