Home » Wordpress » Kekurangan Dan Kelebihan WordPress

Kekurangan Dan Kelebihan WordPress

Kelebihan Wordpress

WordPress adalah salah satu platform CMS (Content Management System) yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Platform ini menawarkan berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk membuat website, baik itu website pribadi, bisnis, atau organisasi. Namun, seperti halnya platform lainnya, WordPress juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih platform ini sebagai solusi untuk website Anda. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara rinci kekurangan dan kelebihan WordPress, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih platform CMS untuk kebutuhan website Anda.

Kelebihan WordPress

Kelebihan WordPress Dibanding CMS Lain

WordPress memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan CMS (Content Management System) yang lain, di antaranya:

  1. Mudah digunakan: WordPress terbilang sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. User interface yang intuitif dan banyaknya fitur bawaan membuatnya mudah digunakan.
  2. Gratis dan Open Source: WordPress adalah platform gratis dan open source, sehingga siapa saja bisa menggunakannya secara gratis dan mengubah kode sumber sesuai kebutuhan.
  3. Fleksibilitas: WordPress bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti blog, website bisnis, website toko online, dan sebagainya. Selain itu, WordPress juga memiliki ribuan plugin dan tema yang bisa digunakan untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas website.
  4. SEO friendly: WordPress dilengkapi dengan plugin SEO yang memudahkan pengguna dalam mengoptimasi website mereka untuk mesin pencari seperti Google.
  5. Komunitas yang besar: Penggemar atau user WordPress memiliki komunitas yang besar dan tergolong aktif, sehingga para pengguna dapat dengan gampang dan mudah mendapatkan bantuan dan dukungan terutama dari komunitas ini.
  6. Keamanan: WordPress secara teratur melakukan pembaruan keamanan, sehingga website yang dibuat dengan WordPress relatif lebih aman dibandingkan dengan CMS lain yang jarang melakukan pembaruan keamanan.

Kekurangan WordPress Dibanding CMS Lain

Meskipun WordPress memiliki banyak kelebihan, tetapi ada beberapa kekurangan dibandingkan dengan CMS lainnya, di antaranya:

  1. Memerlukan pemeliharaan: Karena WordPress sering diperbarui untuk menjaga keamanannya, maka website yang dibuat dengan WordPress memerlukan pemeliharaan yang teratur. Pemeliharaan tersebut bisa berupa update plugin, tema, atau versi WordPress itu sendiri.
  2. Terlalu banyak plugin: Walaupun plugin bisa memberikan fungsionalitas yang lebih banyak pada website, terlalu banyak plugin justru dapat memperlambat website dan membuatnya lebih rentan terhadap serangan hacker.
  3. Rentan terhadap serangan: Meskipun WordPress memiliki pembaruan keamanan secara teratur, tetapi karena popularitasnya yang tinggi, WordPress menjadi target yang potensial bagi para hacker.
  4. Keterbatasan desain: Walaupun ada ribuan tema yang tersedia, beberapa tema gratis memiliki keterbatasan dalam hal customisasi. Untuk mendapatkan tema yang lebih customizable, biasanya harus membayar dengan harga yang cukup mahal.
  5. Kurang cocok untuk website dengan traffic tinggi: Walaupun WordPress bisa digunakan untuk membuat website dengan traffic tinggi, tetapi dibandingkan dengan CMS lain seperti Drupal atau Joomla, WordPress membutuhkan konfigurasi server yang lebih kuat untuk menangani traffic yang besar.

Antisipasi Kerentanan WordPress

kerentanan pada WordPress dapat diantisipasi dengan melakukan tindakan-tindakan berikut:

  1. Selalu melakukan update keamanan: WordPress secara teratur melakukan update keamanan untuk mengatasi bug dan celah keamanan pada platform. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperbarui WordPress dan semua plugin atau tema yang digunakan untuk website.
  2. Gunakan plugin keamanan: WordPress memiliki banyak plugin keamanan yang bisa digunakan untuk mengamankan website dari serangan hacker. Beberapa plugin keamanan populer adalah Wordfence, iThemes Security, dan Sucuri.
  3. Gunakan tema dan plugin terpercaya: Hindari mengunduh tema atau plugin dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak dikenal. Pastikan untuk selalu mendapatkan tema dan plugin dari sumber resmi atau dari pengembang terpercaya.
  4. Buat password yang kuat: Buatlah password yang sulit ditebak dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Jangan menggunakan password yang sama dengan akun lain dan jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata umum.
  5. Backup secara teratur: Selalu backup website secara teratur untuk mengantisipasi kerusakan atau serangan hacker. Backup bisa dilakukan menggunakan plugin backup atau melalui layanan penyimpanan awan seperti Google Drive atau Dropbox.

Dengan mengambil tindakan-tindakan di atas, maka kerentanan pada WordPress dapat diantisipasi dan website menjadi lebih aman dari serangan hacker dan kerusakan.

Dari kekurangan dan kelebihan WordPress diatas, pada akhirnya akan kembali ke pengguna. Mana yang lebih baik menurut anda, silahkan dipilih. Yang pasti, bahwa teknologi WordPress akan terus di kembangkan dan disempurnakan.

Salam Perdamaian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *