Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Mengenal SSL Dan Hubungannya Dengan SEO

Mengenal SSL, menerapkan SSL dan Teknik SEO Saat ini wajib dilakukan oleh setiap pemilik blog atau website. Karena dengan SSL setiap aliran data di dalam blog atau web dienkripsi sehingga menjadi lebih aman.

Terutama bagi para pelaku SEO pasti akan menjadi prioritas untuk memasang komponen SSL ini di web mereka, karena Google memberikan nilai lebih baik untuk blog atau website yang aman.

Di artikel kali ini, kita akan mengenal SSL serta apa hubungannya dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Mengenal SSL

SSL atau Secure Socket layer adalah sebuah system keamanan yang di integrasikan ke blog atau website anda. SSL ini berfungsi untuk memastikan setiap transfer data yang terjadi itu aman dengan cara di enkripsi.

mengenal SSL

Anda dapat melihat ciri blog atau web yang menggunakan SSL adalah dengan melihat awalan URL nya. Blog atau web yang tidak menggunakan SSL akan diawali dengan HTTP(Hypertext Transfer Protocol), sedang web yang menggunakan SSL akan diawali dengan HTTPS(Hypertext Transfer Protocol Secure). Akhiran S di belakang boleh diartikan sebagai “secure” atau aman.

Mengapa Perlu SSL dan apa hubungan dengan SEO?

Ada beberapa alasan yang lebih spesifik mengapa perlu menggunakan SSL selain supaya website dan blog aman. Berikut beberapa alasannya :

  1. Mencegah Pencurian Data
    SSL secara khusus melindungi website atau blog dari aktifitas yang merugikan salah satunya adalah pencurian data. SSL akan mencegah seseorang masuk dan mengamil data secara sembarangan ke dalam blog atau website anda.
  2. Berfungsi sebagai otentifikasi (Authentification)
    SSL akan mengatur aliran data dari klien ke server sedemikian rupa sehingga terkirim ke server yang diinginkan sesuai pengaturannya. Hal ini tentu saja akan mencegah data terkirim ke pihak lain atau hacker.
  3. Peringkat tinggi di Google
    Google akan memberi skor tinggi untuk blog atau website yang menggunakan SSL dibandingkan yang tidak. Google akan menganggap penting blog yang aman daripada yang tidak. Dengan SSL ini tentu saja kedepan akan berpengaruh ke SERP atau peringkat blog kita di mesin pencari. Bukankan SERP ini yang kita bidik saat menerapkan teknik SEO?
  4. Reputasi blog atau web menjadi lebih baik.
    Saat ini, ketika seseorang mengakses blog atau web yang tidak menggunakan SSL akan disuguhi dengan notifikasi bahwa blog bersangkutan tidak aman. Belum lagi gambar notifikasi dengan gambar gembok yang bisa dilihat semua orang.
    Hal ini tentu saja akan mempengaruhi pengguna. Pengguna akan merasa aman dan nyaman saat mengakses alamat url dengan tanda gembok di depannya. Hal ini pasti akan meningkatkan reputasi blog anda.
  5. Mendongkrak kualitas SEO
    Seperti di jelaskan di point sebelumnya bahwa SSL akan berpengaruh kepada skor yang diberikan oleh Google atau Search Engine, hal ini didasarkan pada algoritma Google yang mengutamakan penggunaaan SSL. Walaupun dalam teknik SEO, SSL hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor yang harus diterapkan.

Dari beberapa alasan spesifik diatas, tentu anda sudah bisa mengambil beberapa hal mengapa SSL berhubungan erat dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) dan kualitas SEO di blog atau web anda.

Teknik SEO

hanya dengan menambahkan huruf “S” di belakang HTTP akan sangat mempengaruhi kualitas SEO sebuah blog atau web. Hal ini juga akan bisa menunjukkan bahwa blog atau web yang sedang diakses seorang pengunjung sudah terpasang sertifikat keamanan standar yang disyaratkan.

Apalagi bagi anda yang memiliki blog atau web bisnis yang berhubungan dengan banyak orang. memasang SSL menjadi sesuatu yang harus dan wajib dilakukan untuk membangun kepercayaan klien agar semakin dikenal dan berkembang.

Pilih SSL Berbayar atau Free?

Untuk saat ini anda bisa memilih dua tipe SSL yang ada. SLL gratis dan SSL berbayar. Lalu apa perbedaan keduanya? Bagi anda yang baru mengenal SSL pasti sedikit bingung dengan pilihan ini.

Perbedaan yang pertama adalah masalah kompatibilitasnya. SSL gratis kompatibilitasnya kurang atau kurang support untuk semua browser yang ada. Terutama browser-browser yang tergolong baru.

Masalah yang muncul biasanya akan terlihat dari notifikasi yang ada. Padahal sebenarnya SSL web anda tidak bermasalah saat diakses dengan browser populer saat ini.

Berbeda dengan SSL yang berbayar. Kompatibilitasnya tinggi untuk semua browser bahkan bagi anda pengguna browser yang tidak pernah melakukan update.

Let’s encrypt adalah satu-satunya tipe SSL Gratis. sedangkan SSL berbayar memiliki banyak tipe yang boleh anda pilih sesuai selera. Beberapa contoh SSL berbayar adalah berikut ini : DV SSL (Domain Validation Certificate), EV SSL (Extended Validation Certificate), OV SSL (Organization Validated Certificate).

Beberapa penyedia SSL berbayar adalah Symantec, Comodo SSL, Rapid SSL dan lain-lain. Harga bisa berbeda sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

Masa berlaku sertifikat SSL

Masa berlaku sertifikat SSL ini juga yang membedakan SSL gratis dan SSL berbayar. SSL Gratis, Sertifikat SSL nya hanya 90 hari atau 3 bulan. Sedangkan SSL berbayar yaitu paling pendek 1 tahun.

Jika masa berlaku sertifikat SSL habis maka huruf “S” pada HTTPS secara otomatis akan berubah kembali menjadi HTTP sampai anda melakukan perpanjangan kembali.

Satu lagi, SSL gratis tidak menyertakan asuransi keamanan. Sehingga, ketika terjadi masalah keamanan di web anda, anda tidak bisa melakukan kompain ataupun klaim ke pihak penyelengaaranya.

Hal ini pasti tidak terjadi ketika anda menggunakan SSL berbayar. Pihak pengelola pasti akan memberikan ganti rugi apabila terjadi masalah pada keamanan, bahkan saat web hancur di serang hacker. Besarnya ganti rugi bervariasi tergantung layanan seperti apa yang anda gunakan. Yang jelas nilainya besar mulai dari $10000.

Demikian tulisan kali ini tentang mengenal SSL dan hubungannya dengan SEO. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Salam Perdamaian!

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *