Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Rank Math Plugin SEO Terbaik WordPress 2021

“Rank Math Plugin SEO Terbaik Gratis WordPress 2021”. Tag line inilah yang muncul saat saya mencari alternatif selain plugin Yoast SEO yang sudah lama saya pergunakan untuk semua blog wordpress sejak tahun 2009.

Sebelumnya saya hanya mengenal Yoast SEO untuk melakukan optimasi SEO di blog. Dan ini pertama kalinya saya memasang Rank Math untuk blog saya ini.

Rank Math vs Yoast SEO Mana yang lebih bagus? Sebenarnya ada banyak indikator untuk bisa menentukan sebuah plugin dikatakan bagus. Dan semua tentu saja relatif, tergantung selera dan kebutuhan anda.

Mengenal Rank Math Plugin SEO Terbaik

Rank Math adalah plugin SEO WordPress yang relatif masih baru dibandingkan Yoast SEO yang sudah dikenal luas dan populer di kalangan bloger.

Plugin ini dikembangkan dan tersedia di web officialnya rankmath.com atau di MyThemeShop.com. Sejak peluncurannya plugin SEO WordPress ini mampu menyita perhatian para pemain SEO di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan terlihatnya jumlah pengguna dan rating yang diperoleh Rank Math SEO.

Rank Math

Bukti lainnya adalah banyaknya pertanyaan yang muncul yang berhubungan dengan Plugin Seo terbaik seperti pertanyaan “Rank Math vs Yoast SEO yang mana yang terbaik diantara keduanya?”

Rank Math Plugin SEO Terbaik Gratis

Sama dengan Yoast SEO, Rank Math inipun menawarkan versi gratis untuk penggunanya selain versi yang pro.

Untuk menginstallnya, anda bisa download dari Menu plugin di web MyThemeShop.com, atau menambahkan langsung dengan tambah plugin (Add New) di menu Plugin pada Dashboard CMS WordPress anda.

Pengaturan Rank Math Plugin SEO

Setelah selesai instalasi, anda dapat melanjutkan dengan melakukan pengaturan. Proses pengaturan ini anda akan dibimbing dengan wizard yang bisa anda selesaikan dalam beberapa langkah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Setelah semua pengaturan selesai, anda bisa langsung menulis artikel dan memanfaatkan semua indikator SEO yang ada.

Tampilan sederhana dan informatif

Tampilan dari Rank Math Plugin SEO terbaik WordPress ini simple dan mudah dipahami. Desain modular yang ada, membuatnya terkesan rapi dan berbeda dibanding dengan tampilan Yoast SEO yang dari awal kemunculannya tidak banyak berubah.

Berikut tampilan Dashboard Rank Math yang cukup Informatif :

Plugin SEO

Tambahkan Hingga 5 Focus Keyword

Focus Keyword atau kata kunci yang bisa anda tambahkan pada plugin SEO WordPress Rank Math ini bisa di set lebih dari satu. Dan anda bisa memeriksa semua focus keywordnya.

Ini tentu saja menjadikan nilai lebih untuk plugin ini dibandingkan dengan Plugin Yoast SEO yang sebelumnya sudah saya pergunakan yang hanya mengijinkan 1 keyword saja.

Keyword Suggestion Google Built In

Salah satu fitur yang sangat saya sukai di Plugin SEO wordpress satu ini adalah adanya fitur Keyword Suggestion Google. Fitur ini amat sangat berguna bagi saya untuk menentukan keyword phrase yang akan saya pergunakan di artikel.

Rank Math Plugin SEO WordPress Terbaik

Hal ini juga tidak saya temukan di plugin sebelumnya. Menurut saya fitur ini luar biasa karena anda tidak perlu repot berpindah-pindah tempat untuk menemukan short tail keyword maupun long tail keyword.

Terintegrasi dengan layanan Google (Google Service)

Fitur lain yang menjadikan Rank Math ini menjadi luar biasa adalah adanya integrasi dengan layanan Google (Google Service) untuk keperluan analisa blog anda.

Anda dapat menghubungkan Rank Math dengan Google Search Console, Google Analytics dan sebagainya. Hal ini tentu saja mempermudah kita melakukan analisa performa blog tanpa harus masuk ke Google Search Console.

Tentu saja ini juga sebuah kelebihan, karena anda tidak perlu menginstall plugin yang lain lagi untuk melakukannya. Karena jumlah plugin wordpress berkurang atau lebih sedikit, tentunya akan membuat web anda menjadi lebih ringan saat di akses.

SEO Analysis Cukup Lengkap

Rank Math SEO Plugin WordPress ini juga menyediakan fitur analysis yang cukup lengkap. Anda bisa mengaksesnya melalui menu SEO Analysis di plugin ini. Berikut sedikit Screenshoot nya.

Rank Math Plugin SEO WordPress terbaik

Mana yang terbaik Rank Math vs Yoas SEO ?

Lalu mana yang terbaik Rank Math vs Yoast SEO? Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, Memang tidak mudah untuk menjawabnya karena semua relatif.

langkah yang paling mudah adalah, silahkan anda mencobanya sendiri dan merasakannya. Karena semua kembali kepada harapan dan kebutuhan anda untuk Keperluan SEO dan mengoptimalkan blog yang anda miliki.

Baca Juga : Plugin Table Of Contents untuk SEO

Demikian Tulisan kali ini tentang Rank Math Plugin SEO Terbaik 2021. Semoga bermanfaat untuk sahabat Maswo semua.

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *