Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

SEO Analysis Dengan Seo Quake

Mengapa SEO analysis perlu dilakukan setelah semua hal yang anda lakukan selama ini dengan susah payah? Banyak orang yang belum tahu tentang hal ini. Biasanya setelah melakukan riset keyword, melengkapi semua komponen website dan menulis artikel dengan kaidah SEO(Search Engine Optimization), anggap pekerjaan sudah selesai. Tinggal tunggu hasilnya, dan dan kalau tidak sesuai harapan ya sudah.

Anggapan seperti ini menurut Maswo salah. setelah kerja keras anda mengembangkan dan menerapkan strategi SEO yang baik, anda masih perlu menelusuri dan memantau perkembangan situs dan artikel-artikel yang anda buat. Anda harus selalu memantau perkembangannya dalam beberapa hari, minggu, bulan bahkan tahun kedepan.

Anda harus menganalisis website anda setelah sekian waktu. Bagaimana sebuah halaman website dapat membantu menarik banyak pengunjung ke website anda, bagaimana semua hal yang sudah anda lakukan itu mempengaruhi peringkat sebuah kata kunci. Bagaimana anda mengetahui bahwa semua SEO terpenuhi dengan baik.

Pengertian SEO Analysis

SEO analysis atau analisis SEO adalah langkah atau pekerjaan yang anda lakukan secara periodik untuk memeriksa website anda per komponen yang berhubungan dengan kaidah-kaidah SEO.

pekerjaan atau langkah ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh, seberapa baik perkembangan website dan artikel-artikel anda berkaitan dengan search engine sekaligus mengetahu sudah seberapa optimalkah situs anda.

Ada yang mengatakan SEO analysis sama dengan website analysis, website audit, seo audit dan sebagainya. Apapun istilahnya, yang jelas bahwa SEO analysis yang anda lakukan akan membantu anda mengetahui setiap titik kelemahan yang ada di website anda sehingga anda dapat segera memperbaiki ataupun meningkatkannya dari waktu ke waktu.

Crawler Google adalah perayap yang setia. Dia akan selalu datang ke situs anda dan mencatat setiap perubahan yang terjadi untuk disimpan di database nya. Jadi jangan khawatir ketika anda melakukan perubahan tidak akan di index lagi. Justru Google akan suka dengan website yang dinamis.

Mereka yang ahli dalam hal SEO Analysis ini sering juga disebut dengan SEO analyst. SEO analyst sangat diperlukan oleh banyak perusahaan online untuk selalu dapat mengevaluasi kinerja sebuah website. Advce yang mereka berikan menentukan perkembangan kedepan.

SEO Quake Chrome Extension

Anda personal Blogger? Kalau iya, dan anda diminta untuk menggaji seorang SEO Analyst tentu berat. karena mereka pasti digaji besar untuk melakukan ini.

Namun kabar baiknya, ada satu tools SEO cukup handal yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan SEO analysis. Tools SEO ini berupa extension yang bisa di pasang di Google Chrome. Extension tersebut bernama SEO Quake. Anda boleh cek di alamat websitenya https://seoquake.com

Bagi anda yang belum tahu, ekstensi di Google Chrome berguna untuk menambahkan kemampuan atau menambah fasilitas agar dapat dimanfaatkan lebih. Ada banyak ekstensi tersedia di luaran terutama di Google web store.

Jangan khawatir akan membuat berat chrome browser anda, karena SEO Quake berukuran kecil. Tetapi jangan melihat ukurannya saja, karena walau berukuran kecil, kinerja dan informasi yang ditampilkannya dalam audit website cukup lengkap. Dan yang lebih penting, Tools SEO ini gratis!

Cara Install Ekstensi Chrome

Untuk anda yang pernah melakukan installasi ekstensi di Google Chrome pasti sudah tahu caranya. Bagi anda yang belum pernah melakukannya, berikut langkah-langkahnya :

Pertama, Buka Google Chrome anda. Silahkan klik di pojok kanan atas Browser Chrome anda tepatnya ada di gambar titik tiga.

Selanjutnya akan muncul menu. Pilih saja menu “More Tools” dan selanjutnya anda pilih “extension”.

install SEO Quake

Akan terbuka halaman extension. Selanjutnya, anda klik “garis tiga” di sebelah kiri atas di samping tulisan extension.

chrome web store

Silahkan pilih “open chrome web store” untuk membuka chrome webstore.

SEO quake

Setelah Chrome web store terbuka, silahkan isi di kotak pencarian dengan “SEO Quake” kemudian lanjutkan dengan enter. Akan muncul hasilnya seperti ini.

cara install seo quake

Lanjutkan dengan klik pada gambar atau tulisan SEO Quake, dan lakukan istallasi dengan cara klik tombol add to chrome seperti gambar berikut

Proses intallasi akan berlangsung otomatis dan cepat karena ukuran nya sangat kecil. Anda tinggal ikuti saja dengan klik ok.

Setelah Instalasi SEO quake berhasil, akan muncul sebuah ikon di pojok kanan browser anda di samping kotak pencarian yaitu ikon milik seoquake. Ikon ini bisa anda atur di munculkan ataupun disembunyikan.

Nah, sampai disini instalasi anda sudah berhasil. anda tinggal menggunakan saja ekstensi seoquake ini untuk melakukan audit website atau SEO analysis. Bagaimana caranya? Simak berikut ini

Cara Menggunakan SEO Quake Untuk Website analysis

Cara menggunakan SEO Quake sangat mudah untuk SEO analysis. Anda tinggal mengetikkan saja URL atau alamat websitenya. Dan di bagian atas layar akan muncul data analisis seperti ini

seo analysis

Deretan angka dan data ini adalah ringkasan dari data website yang bersangkutan. Jika anda menginginkan data lebih lengkap, anda bisa klik di icon seo quake yang ada di ujung kanan browser chrome. Maka akan muncul tampilan lebih besar.

website analysis

Terlihat ada beberapa menu atau kategori seo analysis di bagian atas yang bisa anda pilih. Masing-masing kategori akan menampilkan metric seo yang berbeda-beda. Berikut fungsi nya masing-masing :

Page Info

Pada kategori ini, anda akan disuguhkan informasi basic tentang halaman website yang sedang anda buka. Seperti Title, meta keywords, meta description, internal link, eksternal link, informasi page, domain, backlink dan keyword density atau kerapatan keyword secara global.

Apabila ada informasi yang ditampilkan masih kosong, itu artinya anda harus melengkapinya dan mengoptimalkan lagi di kemudian hari.

Diagnosis

Kategori Diagnosis adalah fitur yang saya sangat suka. Karena dari sini anda bisa melihat secara keseluruhan apakah website sudah memenuhi kaidah SEO atau belum. Pemeriksaan atau diagnosis yang dilakukan cukup cepat sehingga anda tidak perlu menunggu lama melihat hasilnya.

Diagnosis ini semacam daftar dari komponen-komponen penting website. Apakah sudah optimal ataukah masih perlu untuk di perbaiki dan dioptimalkan lagi. bahkan komponen website yang salah atau error dapat dideteksi oleh tool ini.

Data yang di tampilkan yaitu URL, canonical, title, meta description, meta keywords, heading, images, text/HTML ratio, frames, flash, microformats, kesesuaian dengan schema.org, The Open Graph dan lain sebagainya. Cukup lengkap untuk tools seo gratis.

Internal

Kategori Internal akan menampilkan daftar tautan dan ada berapa banyak artikel yang saling tertaut yang ada di dalam website anda. disini tampilan artikel atau URL akan terbatas untuk yang versi gratis. tapi sudah cukup lumayan untuk mendeteksi kondisi Internal link situs anda.

Selain menampilkan berapa link-nya, juga akan ditampilkan tanggal berapa artikel anda terakhir dirayapi oleh crawler-nya Google bot dan juga banyaknya facebook likes dan SEMrush backlinks.

External

Kalau internal menampilkan informasi internal link atau tautan yang ada di dalam website anda, menu eksternal akan menampilkan berapa banyak tautan keluar yang sudah di dapatkan oleh website anda.

Berapa banyak index yang sudah di dapatkan dari Mesin pencari seperti Google, Bing, Alexa Rank, Whois, SEMrush rank juga akan ditampilkan selain SEMrush backlinks dan SEMrush sub domain backlinks.

Density

FItur atau menu Density adalah favorit kedua saya. Karena menu ini akan menampilkan kerapatan dan jumlah keyword atau kata kunci yang ada di website anda. Mulai dari kata kunci yang hanya terdiri dari 1 kata, sampai kata kunci yang terdiri dari 4 kata.

Dari analisis yang ditampilkan, anda bisa melihat kata kunci apa yang sudah optimal dan kata kunci apa saja yang masih harus di optimalkan lagi.

Compare URLs/Domain

Menu terakhir ini bisa anda gunakan untuk melakukan komparasi website anda dengan website lain, misalnya website kompetitor. Hasilnya bisa anda pergunakan untuk mengetahui dimana kekurangan website anda dengan kompetitor.

Jika masih ada yang bingung dengan bagaimana cara install dan pakainya, Maswo sudah sediakan Video singkat nya di sini :

Demikian sahabat semua, artikel kali ini tentang SEO analysis dan tools SEO yang dapat dipergunakan, semoga berguna bagi sahabat Maswo dan website nya semakin optimal serta semakin dekat dengan titik kesuksesan yang diinginkan.

Salam perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published.