Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

cara menaikkan pengunjung website

Memiliki blog dengan jumlah pengunjung melimpah adalah impian setiap bloger. lalu Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog? Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan supaya artikel anda memiliki traffic yang baik.

Hal ini tentu berhubungan dengan trik dan tips SEO dalam implementasinya. Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan traffic website yang bisa anda coba :

1. Pergunakan plugin SEO Yoast

Bagi anda pengguna WordPress, anda bisa menggunakan plugin SEO Yoast untuk meningkatkan traffic blog anda. Plugin Seo Yoast memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan struktur SEO blog anda

Plugin ini tersedia dalam dua versi. Versi Gratis dan versi premium (berbayar). Untuk versi gratisnya sudah cukup untuk membantu anda mengoptimalkan blog, terutama artikel anda agar SEO friendly.

Plugin Yoast SEO

Selain Plugin Yoast mampu menampilkan indikator SEO yang bisa anda pergunakan untuk memeriksa artikel anda, juga memiliki beragam fitur yang bisa anda manfaatkan untuk memperbaiki struktur blog anda seperti konfigurasi meta robot, preview snippet, pengaturan RSS, XML, sampai edit file .htaccess serta file robots.txt.

2. Tingkatkan Kecepatan Load Blog

Salah satu cara meningkatkan trafic blog atau cara meningkatkan pengunjung blog adalah dengan meningkatkan kecepatan akses website anda. Mengapa kecepatan ini penting? Sebenarnya ini berhubungan dengan pengalaman pengguna atau “User Experience”.

Banyak orang akan segera menutup atau pindah blog ketika menemui sebuah website dengan waktu akses yang lama. Mereka akan tidak sabar menunggu halaman blog terbuka sepenuhnya.

Kalau ini anda biarkan, tentu akan berdampak buruk pada performa website atau blog anda. Bounce rate akan naik dan hal ini tidak bagus di mata Google. Hasilnya ada pada jumlah traffic yang tidak bertambah atau justru menurun.

Untuk melakukan test kecepatan akses blog anda bisa menggunakan tool gratis milik Google yaitu Pagespeed. Dapat anda akses melalui alamat berikut ini : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

test kecepatan website dengan pagespeed

Tool ini mampu memeriksa kecepatan load website dengan baik dalam mode Seluler maupun Destop. Selain itu, ditampilkan juga hasil diagnostic nya berupa data waktu load dan cara untuk menaikkan waktu load blog. Cukup lengkap.

3. Cek Broken Link

cara berikutnya untuk meningkatkan traffic website anda adalah dengan selalu melakukan cek terhadap broken link yang ada. Broken Link ditandai dengan munculnya pesan error 404. Sangat menjengkelkan bukan, ketika anda klik sebuah tautan yang kemudian yang muncul malah error 404?

Google sebagai mesin pencari selalu mengutamakan kualitas sebuah website atau blog. Salah satu indikator kualitas blog bisa di lihat dari jumlah broken link yang ada. Blog dengan brooken link yang banyak tentu tidak disukai Google. Jika ini terjadi, pastilah peringkat website anda akan turun.

Untuk melakukan cek broken link, anda bisa gunakan Google Search Console. Selain untuk cek broken link, Google Search Console juga bisa digunakan untuk mengetahui performa blog anda. Silahkan anda buka Google Search Console dan klik tombol biru “Start Now” untuk memulai.

Google Search Console

4. Optimasi Gambar Atau Foto di Website Anda

Penggunaan gambar atau Foto akan menambah daya tarik artikel di website anda. Tapi anda jangan lupa bahwa ukuran gambar atau foto yang besar justru akan memperburuk performa web anda.

Gambar dengan ukuran besar akan berakibat waktu load web menjadi lambat karena butuh waktu lebih lama untuk menampilkan gambar atau foto.

maka sebaiknya anda lakukan resize gambar terlebih dulu sebelum memasangnya di artikel anda. Ukuran yang baik untuk website adalah gambar dengan resolusi maksimal 1024 dan ukuran file tidak lebih dari 200 kb.

Baca juga : Cara Memperkecil ukuran gambar secara masal

Jika anda tidak mau ribet, anda juga bisa menggunakan plugin agar WordPress secara otomatis akan me-resize gambar atau foto anda. Contoh plugin untuk ini adalah WP-Smursh.it, Responsive Image, SEO Friendly Image dan masih banyak lagi yang bisa anda pilih.

5. Pasang plugin Rich Snippet di Website

Cara berikutnya untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan menarik perhatian mereka dengan informasi rating di hasil pencarian Google.

Plugin Rich Snippet akan memberikan informasi tambahan tentang rating review blog anda. Akan tampil gambar bintang yang menunjukkan artikel anda disukai dan membuat website anda terlihat lain daripada yang lain dan tentu saja “Eye Catching”.

Anda bisa menggunakan Plugin Rich Snippet gratis yang disedikan untuk blog WordPress. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah “All In One Schema-Rich Snippets”.

Cara meningkatkan pengunjung blog

6. Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas sangat menentukan seberapa lama pengunjung betah berada di web anda. Bagi Google, konten yang berkualitas tentu akan sangat disukai.

Konten berkualitas akan membuat artikel anda terhindar dari anggapan spam oleh Google. Dan tentu saja ini akan berakibat pada naiknya ranking website anda.

Buatlah sebuah artikel yang detail membahas tema yang anda tetapkan. Sebuah artikel pendek tentu saja tidak akan bisa detail menjelaskan permasalahan.

Syarat sebuah artikel yang memenuhi SEO biasanya dipatok pada 300 kata. Tapi anda jangan membuat artikel yang hanya memenuhi syarat minimal saja, tetapi buatlah artikel yang jumlah katanya berada di kisaran 800 atau lebih kata.

Salah satu ciri konten yang berkualitas adalah pada bobot pembahasannya. Maka sebelum menuliskan sebuah artikel, jangan segan-segan anda melakukan sedikit riset dan browsing sana-sini untuk mencari referensi yang lengkap tentang topik yang akan anda tuliskan.

Konten berkualitas adalah cara meningkatkan pengunjung blog yang sangat direkomendasikan, karena pada dasarnya isi sebuah blog adalah konten. Maka “Content is The King” adalah kata-kata yang tepat untuk mendefinisikannya.

7. Lakukan Riset kata Kunci

Riset kata kunci atau keyword adalah bagian yang tak terpisahkan saat anda akan membuat sebuah konten. banyak bloger sukses karena mereka melakukan riset keyword setiap kali membuat konten baru.

Carilah kata-kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari. Memang tidak mudah untuk mencari sebuah kata kunci, tetapi usaha anda dalam melakuka riset akan terbayar sepadan dengan traffic yang dihasilkan.

Ada banyak tool riset keyword yang bisa anda gunakan. Salah satunya tool gratis Google Keyword Planner, Ubersuggest dan yang lain-lain. Pelajari cara riset keyword ini karena akan sangat berguna bagi perkembangan website anda nantinya.

8. Gunakan SSL

Cara meningkatkan pengunjung blog berikutnya adalah penggunaan SSL. SSL (Secure Socket Layer) akan membuat website anda menjadi lebih aman dengan merubah http menjadi https.

Website yang aman (secure) tentu akan menambah kepercayaan pembaca blog anda. Mereka tidak lagi takut untuk mengakses setiap artikel di blog anda.

Selain itu, Google saat ini lebih memilih web dengan fitur keamanan. Anda bisa melihat saat browsing atau membuka website yang tidak aman (http) di peramban seperti Google Chrome. Akan muncul peringatan bahwa “web ini tidak aman”. Coba bayangkan kalau itu adalah website anda.

Untuk menjadikan http menjadi https, anda bisa langganan layanan dari comodo dengan membayar jumlah tertentu setiap tahun. Tapi jika anda menginginkan versi gratis, anda bisa pasang plugin di WordPress. Salah satunya adalah Lets Encrypt.

Pada layanan web hosting tertentu terkadang SSL ini di gratiskan dan anda tinggal pakai. Seperti layanan web hosting yang saya gunakan ini.

9. Cek Duplikat Konten

Google sangat tidak menyukai Duplikat konten atau plagiat. Selain artikel anda akan dianggap spam, bisa jadi wesite anda akan diberikan hukuman oleh Google. Kalau parah, bahkan akan masuk “penjara” dan tidak akan di index sama sekali. Kalau ini terjadi, artikel atau website anda tidak akan dapat di temukan di mesin pencari Google.

Artikel orisinil paling disukai oleh Google. Paling tidak lakukan “rewrite” atau tulis ulang ketika anda mengambil materi di website lain untuk konten anda. Kemudian lakukan cek plagiarisme untuk memastikan artikel anda unik agar tidak dianggap plagiat.

Tool untuk ini tersedia secara online maupun offline. untuk yang online anda bisa coba tool seperti copyscape.com, duplichecker.com, smallseotools.com dan lain-lain

10. Cara Meningkatkan pengunjung Blog dengan Plugin Social Sharing

Cara berikut ini kelihatan tidak berhubungan dengan konten di website anda. Tetapi dengan memasang fitur untuk membagikan artikel di sosial media justru potensi untuk menambah traffic di website.

Pengunjung yang menganggap artikel anda penting dan sangat berguna, akan dengan senang hati membagikan/share di sosial media mereka. Anda tidak akan pernah tahu jumlah follower yang akan kemudian ikut berkunjung dan membaca artikel di website milik anda.

Untuk platform WordPress, anda bisa pergunakan plugin untuk keperluan ini. Salah satu contohnya adalah ShareToAny Share Button yang bisa anda pasang langsung di blog wordpress anda.

AddToAny Share Button untuk meningkatkan pengunjung blog

10. Gunakan Google Analytics Untuk Memantau Performa Website

Setelah semua yang anda lakukan, anda butuh alat untuk memantau perkembangan dan mengetahui jumlah traffic yang dihasilkan. Saran saya, gunakan Google Analytics.

Informasi yang ditampilkan oleh Google Analytics cukup lengkap. Mulai dari traffic harian sampai siapa saja yang mengakses website anda, akan bisa anda ketahui melalui tool ini.

cara menaikkan pengunjung blog dan website

Untuk membuka layanan Google Analytics anda cukup memiliki akun email Google. Silahkan masuk ke alamat URL https://analytics.google.com.

Demikian artikel kali ini tentang cara meningkatkan pengunjung blog, semoga bermanfaat bagi sahabat Maswo semua. Jangan lupa tinggalkan komentar atau boleh juga pertanyaan. Salam Perdamaian!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *