Home » Teknologi » AMOLED vs Super AMOLED: Mana yang Lebih Baik?

AMOLED vs Super AMOLED: Mana yang Lebih Baik?

apa itu super amoled

Teknologi layar smartphone terus berkembang pesat. Salah satu teknologi yang paling populer saat ini adalah AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). AMOLED menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan layar LCD tradisional, seperti warna yang lebih hidup, hitam yang lebih pekat, dan konsumsi daya yang lebih hemat.

Perkembangannya menjadi super AMOLED menambah gahar teknologi ini hingga pengaplikasian di berbagai hal menjadi semakin berkembang pesat. Terutama untuk layar smartphone dengan segala inovasinya.

Apa itu AMOLED?

AMOLED adalah jenis layar yang menggunakan material organik untuk menghasilkan cahaya. Material ini tersusun atas molekul karbon yang berasal dari makhluk hidup. Ketika dialiri arus listrik, molekul-molekul ini akan memancarkan cahaya.

Keunggulan Layar AMOLED:

  • Warna yang lebih hidup: AMOLED mampu menampilkan warna yang lebih kaya dan akurat dibandingkan LCD. Hal ini karena AMOLED memiliki gamut warna yang lebih luas.
  • Hitam yang lebih pekat: AMOLED dapat mematikan pixel secara total, sehingga menghasilkan warna hitam yang pekat. Hal ini menghasilkan kontras gambar yang lebih tinggi.
  • Konsumsi daya yang lebih hemat: AMOLED hanya menyala pada bagian yang menampilkan gambar, sehingga konsumsi dayanya lebih hemat dibandingkan LCD.
  • Lebih tipis dan ringan: AMOLED memiliki struktur yang lebih tipis dan ringan dibandingkan LCD.
apa itu super amoled

Apa itu Super AMOLED?

Super AMOLED adalah versi peningkatan dari AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung. Super AMOLED menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan AMOLED biasa, seperti:

  • Lebih tipis dan ringan: Memiliki struktur yang lebih tipis dan ringan dibandingkan AMOLED biasa.
  • Lebih terang: Memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi, sehingga gambar terlihat lebih jelas di bawah sinar matahari.
  • Lebih hemat energi: Konsumsi daya lebih hemat dibandingkan AMOLED biasa.
  • Lebih responsif: Memiliki waktu respon yang lebih cepat, sehingga layar terasa lebih responsif saat disentuh.
  • Sudut pandang lebih luas: Warna gambar tetap terlihat jelas meskipun dilihat dari sudut pandang yang lebar.

Super AMOLED menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan AMOLED biasa, seperti lebih tipis, lebih ringan, lebih terang, lebih hemat energi, lebih responsif, dan sudut pandang yang lebih luas.

Namun, harga perangkat dengan layar Super AMOLED umumnya lebih mahal dibandingkan perangkat dengan layar AMOLED biasa.

Secara singkat, berikut perbandingan AMOLED dengan Super AMOLED:

perbandingan AMOLED dengan super AMOLED

Masa Depan Layar AMOLED

Teknologi AMOLED terus berkembang pesat. Para ilmuwan dan insinyur terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas dan performa layar AMOLED. Berikut beberapa inovasi terbaru dalam teknologi AMOLED:

  • Layar AMOLED yang dapat dilipat: Samsung telah mengembangkan layar AMOLED yang dapat dilipat dan ditekuk tanpa kerusakan. Teknologi ini memungkinkan terciptanya smartphone dan perangkat wearable yang lebih fleksibel dan inovatif.
  • Layar AMOLED transparan: Teknologi ini memungkinkan layar AMOLED untuk menampilkan gambar pada permukaan transparan, seperti kaca. Hal ini membuka peluang baru untuk berbagai aplikasi, seperti augmented reality dan smart windows.
  • Layar AMOLED dengan Quantum Dot: Quantum Dot adalah teknologi baru yang dapat menghasilkan warna yang lebih kaya dan akurat dibandingkan AMOLED biasa. Teknologi ini diprediksi akan menjadi standar baru untuk layar smartphone di masa depan.

Tips Memilih Layar Smartphone:

Teknologi layar smartphone mana yang seharusnya anda beli? Pertanyaan ini sebenarnya kembali kepada diri anda sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan acuan pertimbangan untuk menentukan pilihan:

Yang pertama, pertimbangkan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan layar yang tipis, ringan, terang, dan responsif, Super AMOLED adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda memiliki budget terbatas, AMOLED biasa sudah cukup untuk memberikan kualitas gambar yang baik.

Yang kedua, bandingkan spesifikasinya. Anda harus mencermati dan melihat dengan seksama spesifikasi layar smartphone yang ingin Anda beli, seperti tingkat kecerahan, kontras rasio, dan resolusi.

Yang terakhir adalah mencoba langsung. Jika memungkinkan, anda bisa mencoba langsung smartphone dengan layar AMOLED dan Super AMOLED untuk merasakan perbedaannya.

Teknologi AMOLED merupakan teknologi layar yang saat ini sedang berkembang pesat dan telah menjadi pilihan utama untuk layar smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, AMOLED diprediksi akan terus mendominasi pasar layar di masa depan.

Itulah sedikit penjelasan tentang perbandingan AMOLED dengan super AMOLED dan perkembangannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *