Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Apakah Kecepatan web mempengaruhi SEO?

Tidak hanya disain web yang bagus, konten yang menarik dan kelengkapan layanan yang di sediakan, tetapi juga kecepatan web juga perlu di perhatikan.

Memiliki web dengan loading yang baik dan mampu tampil dengan cepat akan sangat membantu naiknya performa SEO. Akan sangat menyenangkan saat kita mengakses halaman web yang tampil cepat.

kecepatan web

Dari Riset Google yang dirilis beberapa saat lalu menunjukkan hasil bahwa sekitar 50% pengguna akan segera menutup atau meninggalkan halaman yang di aksesnya setelah menunggu load lebih dari 3 detik.

Dari hasil riset ini pula, harapan para pengguna atau visitor untuk load web berada pada kisaran 2 detik. Yang perlu dicatat bahwa dari pengunjung yang ada, 80% pengunjung tidak akan kembali lagi ke web yang dikunjunginya karena masalah lambatnya loading web.

Di tahun 2010 kecepatan web menjadi salah satu faktor yang dinilai untuk menentukan peringkat di Google. Kalau sebelumnya, kecepatan web ini hanya dinilai untuk performa di desktop. Namun mulai tahun 2018, kecepatan web juga dinilai untuk perangkat mobile.

Hal apa saja yang mempengaruhi kecepatan web?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan hal-hal yang memperngaruhi kecepatan load website. Antara lain berikut ini :

Kulitas Hosting/Server

Hosting atau server adalah hal pertama yang harus kita perhatikan. Memilih web hosting yang berkualitas tentu akan membuat web kita dapat tampil dengan cepat.

Pemilihan web Hosting ini bagi sebagian orang memang menyulitkan, apalagi ada promo hosting dengan harga murah, bahkan sangat murah. Disini perlu juga diperhatikan spesifikasi hostingnya agar tidak menyesal nantinya.

Baca Juga : Memilih Unlimited Web Hosting Terbaik

Pilih Tema Yang ringan dan responsive

Bagi anda pengguna CMS tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tema atau Theme ini. Yang pasti, silahkan pilih tema yang ringan shingga dapat di load dengan cepat. Satu lagi, pastikan juga bahwa tema juga mendukung SEO dan mobile friendly.

Optimalkan ukuran gambar

Gambar atau foto yang besar pasti akan memerlukan waktu untuk menampilkannya. Maka sebelum gambar atau foto di upload ke web, anda harus mengatur supaya gambar bisa diperkecil, dari sisi dimensi maupun ukuran file nya.

Beberapa hal diatas, bisa anda lakukan untuk mempercepat load web atau blog. Tentu masih banyak trik dan tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan web ini. Misalnya dari sisi programming CS dan JS.

Hal diatas masih dalam tahap dasar untuk memulai membuat web dengan kecepatan load yang baik. Selebihnya anda dapat mencari tutorial yang banyak tersebar di dunia maya.

Semoga berguna bagi sahabat semua. Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *