Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Mengapa Cloud Hosting? Memahami Teknologi Cloud Hosting

Apakah anda pernah mendengar istilah Cloud Hosting? Tahukah anda apa itu Cloud Hosting ? Lalu apa perbedaanya dengan shared hosting dan jenis hosting yang lain?

Pertanyaan-pertanyaan ini pula yang dulu terus berputar di kepala saat pertama kali “bermain” di dunia per blogger an dan web development kecil kecilan.

Pada tulisan kali ini, saya akan coba berbagi pemahaman dan pengetahuan tentang apa itu cloud hosting. Bagaimana arsitektur dan teknologi yang menyertainya.

Keunggulan utama yang dmiliki oleh cloud hosting dibanding dengan hosting lainnya adalah adalah pada uptime dan Kecepatan loadnya. Selain itu ada juga kemudahan dalam melakukan scaling, serta memiliki dedicated IP.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting merupakan web hosting atau web server yang menggunakan berbagai macam server, mensinkronkan masing-masing server serta mengaturnya sedemikian rupa sehingga masing-masing sumber daya server mampu bekerja secara sinergi dan simultan.

Cloud hosting Cloud server

Karena menggunakan banyak server, maka Cloud Server atau Cloud Hosting akan mampu menjaga load dan memaksimalkan uptime.

Anda sebagai pengguna tidak akan mengakses satu server saja seperti saat anda menggunakan Shared hosting dan hosting konvensional yang lain, tetapi anda akan mengakses sesuatu yang disebut “cluster” dari pool yang terpusat.

Kelebihannya yang lain adalah, pada saat satu server mengalami kegagalan, tidak akan mempengaruhi performa web atau aplikasi yang tertanam di dalamnya karena server yang lain secara simultan akan mengambil alih.

Hosting tipe ini mengandalkan kinerjanya pada banyak server yang berbeda-beda. Semakin banyak mesin atau server yang terkoneksi ke dalam jaringan cloud, akan semkin banyak resource dan tenaga yang di tambahkan pada cloud server keseluruhan.

Apakah Perbedaan Cloud Hosting dengan Shared Hosting?

Shared Hosting menggunakan satu atau single server saat operasional. Semua aplikasi dan web berada di satu tempat yang sama, sehingga hal ini akan menimbulkan beban berlebihan di server yang bersangkutan saat di akses dengan volume tinggi.

Saat server bekerja di ambang batas kemampuan maksimal, maka performa web atau aplikasi akan drop.

Pada Cloud hosting, kejadian ini tidak akan terjadi karena web akan di split atau di distribusikan ke semua server yang terhubung. sehingga saat terjadi sebuah cluster down akan dapat di backup oleh yang lain.

Google sebagai mesin pencari adalah salah satu layanan yang menggunakan teknologi cloud hosting ini. Semua web besar yang diakses oleh semua orang diseluruh dunia dalam volume besar, pasti menggunakan teknologi Cloud server. Single server pasti tidak akan mampu menanganinya.

Sudah perlukah menggunakan Cloud Hosting?

Bagi anda yang saat ini menggunakan web hosting hanya untuk menyalurkan hobi menulis dan membuat web ringan dengan tujuan terbatas, anda masih bisa menggunakan tipe shared hosting.

Tetapi kalau anda berencana untuk membuat Toko online bahkan marketplace tentu anda harus mempertimbangkan penggunaan Cloud Server atau Cloud Hosting ini. Web perusahaan besar, aplikasi yang di akses dengan skala besar tentu wajib menggunakannya.

Salah satu hal lagi yang menjadi kelebihan server atau hosting cloud adalah skalabilitanya yang dapat disesuaikan. Saat anda membutuhkan tambahan tenaga agar performa website anda semakin baik, hal ini dapat dilakukan dengan mudah.

Cloud Hosting menawarkan resources atau sumberdaya yang tak terbatas. Maka akan menjadi pilihan tepat bagi anda yang berencana mengembangkan website yang direncanakan akan diakses dalam skala besar.

Pilih Layanan Cloud Hosting terbaik

Bagi anda yang selama ini masih menggunakan layanan shared hosting, dan berencana untuk upgrade layanan ke Cloud server tentu saja akan menambah performa website.

Saat ini ada banyak layanan Cloud server yang ditawarkan. Anda boleh menanyakan ke layanan hosting yang selama ini anda gunakan apakah menyediakan juga untuk tipe Cloud server.

Kalau anda bertanya tentang layanan terbaik, tentu saja ada banyak indikator yang harus di berikan. Tapi secara mudah mungkin anda bisa memutuskan menggunakan sebuah layanan dengan mengamati layanan customer mereka. cepat tidaknya layanan ketika customer bertanya bahkan complain, bagi saya itu yang paling utama. Hal ini pula yang menunjukkan keseriusan mereka akan layanan konsumen.

Baca juga : Memilih Unlimited & Cloud Hosting Hosting Terbaik

Selanjutnya anda bisa melihat fitur apa yang mereka tawarkan. Fitur-fitur ini yang akan menentukan bisa atau tidaknya layanan mengikuti perkembangan, terutama saat kita membutuhkan pengembangan.

Demikian share pengetahuan saya tentang Cloud Hosting, Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Salam perdamaian!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *