Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Pentingnya Rapid Test Antigen dan Aturannya Saat Keluar Kota!

Pemerintah saat ini mewajibkan Rapid Test Antigen bagi siapa saja yang akan melakukan perjalanan keluar kota. Terlebih di saat menjelang Natal dan Tahun baru 2021, pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Jangan sampai kegembiraan dan kemeriahan Natal dan Tahun Baru 2021 berubah menjadi tragedi yang sangat tidak diharapkan.

Berdasarkan Surat Edaran No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan, yang mengatur akan pentingnya melakukan Rapid Test Antigen sebelum melakukan perjalanan Selama Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 di Masa Pandemi COVID-19. Edaran ini resmi dikeluarkan oleh Satgas COVID-19

Untuk memastikan pemutusan rantai penularan COVID-19, maka setiap orang wajib menunjukkan surat rapid test antigen negatif. Kebijakan pemerintah melalui satgas Covid-19 ini wajib dipatuhi setiap warga negara terutama bagi mereka yang berencana akan melakukan perjalanan dengan moda transportasi Laut, darat serta udara.

rapid test antigen

Berikut adalah beberapa aturan rapid test antigen yang diberlakukan :

Perjalanan ke Pulau Bali

Bagi yang hendak melakukan perjalanan ke pulau Bali dengan pesawat harus melakukan rapid test PCR serta dapat menunjukkan surat keterangan negatif PCR. Surat keterangan ini berlaku paling lama 7×24 jam atau H-7 sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk mereka yang menggunakan kendaraan darat baik transportasi pribadi maupun transportasi umum serta transportasi laut pun wajib dan harus menunjukkan hasil rapid test antigen paling lama 3×24 jam atau H-3 sebelum jadwal keberangkatan.

Perjalanan ke Pulau Jawa atau keluar dari Pulau

Bagi anda yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang dan transoprtasi darat seperti kereta api antar kota harus juga menujukkan surat keterangan hasil rapid test antigen negatif paling lama 3×24 jam atau H-3 sebelum waktu keberangkatan.

Masa berlaku surat keterangan rapid test antigen

Menurut informasi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, surat keterangan negatif rapid test antigen berlaku selama maksimal 14 hari.

Yang perlu dicatat dan dipahami adalah, jika anda hendak melakukan perjalanan dalam kurun waktu liburan Natal dan Tahun Baru, anda harus melakukan swab test lagi karena dalam syarat perjalanan anda harus menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen paling lama H-3, terutama bagi yang hendak melakukan perjalanan dari dan ke Pulau Jawa.

Berapa tarif rapid test antigen?

Untuk harga rapid test ini, dengan merujuk Surat Edaran Nomor HK.02.02/1/4611/2020 tentang aturan yang membatasi tarif tertinggi pemeriksaan rapid test antigen-swab, batas harga tertinggi rapid test antigen di Pulau Jawa 250 ribu rupiah serta 275 ribu di luar Pulau Jawa.

Dari pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah melalui satgas Covid-19 ini, tentu saja semata-mata hanya untuk menjaga seluruh rakyat indonesia agar tetap sehat, terbebas dari corona, dan yang lebih penting adalah memutus rantai penularannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 ini sudah menghampiri Negeri ini hampir setahun yang lalu. Naik turunya kasus yang terjadi di beberapa daerah di Negeri ini semua berbanding lurus dengan kelakuan dan kebiasaan kita semua.

Bagaimana kita patuh dan taat dengan protokol kesehatan, itulah yang menentukan kita menang atau tidaknya bertarung dengan virus corona.

Mulai dari diri sendiri

Penularan Covid-19 akan berlangsung sangat masif, saat kita tidak menjalankan protokol kesehatan dengan ketat seperti yang di anjurkan oleh Pemerintah.

Kita semua tahu bahwa Saat ini masih banyak orang yang menganggap remeh masalah pandemi dan penularannya. Terlihat dari orang-orang yang dapat kita jumpai sehari-hari yang belum menggunakan masker. Terlebih, sangat prihatin dengan mereka yang abai dengan pandemi Covid-19 dengan tetap menciptakan kerumunan.

Covid-19

Partisipasi kita sebagai warga negara tentu ditunggu semua pihak untuk ikut menjaga supaya virus ini tidak menyebar lebih jauh. Kesadaran inilah yang perlu di tumbuhkan dalam hati setiap orang.

Kita tidak selalu harus ikut aktif berkampanye tentang penting 3M, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan, tetapi kita bisa mulai dari diri sendiri. Menjaga keluarga kita masing-masing dengan penuh tanggung jawab.

Kalau ini dilakukan setiap orang mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, maka niscaya penyebaran Covid-19 pasti akan terhenti dan Indonesia menjadi sehat kembali.

Demikian sedikit share di tulisan kali ini tentang Rapid Test Antigen, semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. Salam perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *