Home » Teknologi » Neuralink: Menuju Masa Depan Interaksi Manusia dan Mesin

Neuralink: Menuju Masa Depan Interaksi Manusia dan Mesin

Koneksi manusia dan mesin

Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2016, dengan tujuan ambisius untuk merevolusi cara manusia berinteraksi dengan teknologi.

Teknologi utama mereka sebenarnya adalah Brain-Machine Interface (BMI) yang disebut “The Link”, sebuah chip kecil yang ditanamkan ke dalam otak untuk menghubungkan manusia dengan komputer.

Bagaimana Cara Kerja Neuralink?

Secara singkat, alat yang disebut The Link dan hanya seukuran koin dan berisi 1.024 elektroda ini mampu merekam aktivitas neuron di otak, dan menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dapat dipahami oleh komputer.

Neuralink
Gambar : Neuralink.com

Sinyal digital ini kemudian diolah lebih lanjut dan dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat eksternal, seperti komputer, smartphone, perangkat cerdas lain seperti rumah pintar bahkan juga mengendalikan robot.

Manfaat Neuralink

Teknologi Neuralink memiliki potensi untuk dapat dimanfaatkan di berbagai aplikasi, antara lain:

Memulihkan fungsi otak yang hilang. Neuralink dapat membantu orang-orang yang mengalami kelumpuhan atau kehilangan fungsi sensorik akibat cedera otak atau penyakit neurodegeneratif.

Meningkatkan kemampuan kognitif. Teknologi ini dapat membantu orang untuk belajar lebih cepat, mengingat lebih banyak informasi, dan membuat keputusan yang lebih baik.

Membuat interaksi manusia-komputer lebih alami. Dapat memungkinkan orang untuk mengendalikan komputer dan perangkat lain dengan pikiran mereka, tanpa perlu menggunakan keyboard, mouse, atau layar sentuh.

Meningkatkan kualitas hidup. Dapat membantu orang-orang dengan berbagai kondisi neurologis, seperti depresi, kecemasan, dan epilepsi.

Tantangan

Meskipun teknologi ini memiliki potensi besar, Neuralink ternyata masih memiliki banyak tantangan yang harus diatasi, antara lain:

Risiko pembedahan. Seperti diketahui bahwa penanaman chip The Link memerlukan tindakan pembedahan yang berisiko tinggi, dan masih belum diketahui apakah chip ini dapat ditanamkan dengan aman dalam jangka panjang. Tentu akan membutuhkan waktu lama untuk riset dan memastikan aman untuk digunakan.

Keamanan data. Neuralink akan mengumpulkan data tentang aktivitas otak pengguna, dan tentu saja data-data yang didapat ini harus dilindungi dari peretasan dan penyalahgunaan.

Potensi penyalahgunaan. Teknologi Neuralink seperti juga teknologi-teknologi lain dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk tujuan yang tidak etis, seperti manipulasi pikiran atau kontrol pikiran.

Perkembangan Teknologi Neuralink

Dari saat pertama dirilis sampai dengan saat ini, Neuralink telah mencapai beberapa kemajuan signifikan dalam pengembangan teknologinya. Berikut tahapan pencapaiannya:

  • 2016: Awal Neuralink didirikan oleh Elon Musk dan beberapa rekannya.
  • 2017: Mulai meluncurkan “The Link”, chip BMI pertama mereka.
  • 2019: Menunjukkan demonstrasi langsung The Link yang ditanamkan pada babi.
  • 2020: Menerbitkan makalah ilmiah yang menjelaskan desain dan kinerja The Link.
  • 2021: Mengumumkan bahwa mereka telah menerima persetujuan dari FDA untuk memulai uji klinis The Link pada manusia.
  • 2022: Menunjukkan demonstrasi langsung The Link yang ditanamkan pada monyet yang dapat bermain video game dengan pikirannya.
  • 2023: Mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan uji klinis The Link pada hewan dan siap untuk memulai uji klinis pada manusia.
  • 2024: Memprediksi bahwa The Link akan tersedia untuk manusia pada tahun 2027.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Starlink, Layanan Internet Satelit Milik Elon Musk

Ketersediaan Untuk Umum

Neuralink belum mengumumkan tanggal pasti kapan The Link akan tersedia untuk umum. Namun, Elon Musk memprediksi bahwa The Link akan tersedia untuk manusia pada tahun 2027.

Awalnya, The Link kemungkinan akan tersedia untuk orang-orang dengan kondisi neurologis tertentu, seperti quadriplegia dan epilepsi. Setelah itu, The Link akan tersedia untuk orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan kognitif mereka atau ingin mengendalikan perangkat elektronik dengan pikiran mereka.

Bagaimana dengan harganya? Harga The Link sampai saat inipun belum diumumkan. Namun, kemungkinan The Link akan mahal pada awalnya, karena teknologi ini masih sangat baru dan belum diproduksi secara massal.

Produksi Neuralink masih dalam tahap awal pengembangan untuk saat ini, namun teknologi ini diyakini memiliki potensi sangat besar untuk dapat mengubah masa depan umat manusia dan teknologi.

Neuralink adalah teknologi revolusioner yang dapat mengubah cara manusia berinteraksi dengan teknologi. Meskipun masih memiliki banyak tantangan, Neuralink memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan membuka jalan bagi era baru interaksi manusia dan mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *