Home » Berita » Pentingnya Service Motor: Hal yang Harus Diperiksa dan Bengkel Terbaik

Pentingnya Service Motor: Hal yang Harus Diperiksa dan Bengkel Terbaik

Service motor merupakan kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin guna memastikan kondisi motor tetap optimal. Terdapat beberapa bagian yang perlu diperiksa, termasuk saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, dan ban. Untuk memahami dengan lebih jelas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan service motor, simak artikel ini sampai selesai.

Oli Mesin: Menjaga Kesehatan dan Kinerja Mesin

Oli mesin memiliki peran penting sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Oleh karena itu, penggantian oli secara rutin diperlukan sesuai dengan jarak tempuh tertentu. Biasanya, pabrikan merekomendasikan penggantian oli setiap 2500 km. Perlu diperhatikan bahwa biaya service motor juga mencakup pembelian oli dan biaya jasa untuk menggantinya.
Namun, saat ini beberapa pabrikan atau retailer otomotif berani merekomendasikan penggantian oli hingga 5000 km dengan menggunakan teknologi ester pada oli motor matic yang mereka pasarkan. Jadi daya tahan olinya 2x lebih lama dari oli biasa karena oli ini merupakan base oli tertinggi di kelasnya.

oli xten planet ban
gambar: planetban.com

Oli Gardan: Penting bagi Pengguna Motor Matic

Pengguna motor matic perlu secara rutin mengganti oli gardan. Oli gardan berperan dalam melumasi gear yang terdapat di Continuously Variable Transmission (CVT). Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin.

oli gardan xten
gambar: planetban.com

Busi: Penting untuk Pengapian yang Optimal

Busi merupakan bagian penting dalam sistem pengapian motor yang mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api untuk menghidupkan mesin. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, motor dapat sulit dinyalakan. Oleh karena itu, penggantian busi perlu dilakukan secara berkala.

Kampas Rem: Menjamin Keselamatan Berkendara

Keselamatan dalam berkendara menjadi faktor yang sangat penting. Salah satu komponen penting dalam motor yang berpengaruh besar terhadap keselamatan adalah sistem pengereman. Ketebalan kampas rem yang tidak mencukupi dapat mengurangi efektivitas pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa kondisi kampas rem saat melakukan service motor.

kampas rem servis motor
gambar: planetban.com

Filter Udara: Menjaga Sirkulasi Udara yang Bersih

Filter udara berperan dalam menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran untuk mencegah masuknya kotoran yang dapat menyumbat sistem injeksi atau karburator. Biasanya, filter udara akan diperiksa terlebih dahulu, dan apakah masih dapat dibersihkan atau harus diganti akan ditentukan oleh mekanik.

filter udara planet ban
gambar: planetban.com

Aki atau Accu: Menjaga Tegangan yang Optimal

Tegangan aki yang optimal pada kondisi mesin mati berkisar antara 12,3-12,6 Volt, sedangkan saat mesin menyala berkisar antara 13,7-14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai atau terdapat kebocoran atau karat pada terminal, perlu dilakukan pemeriksaan lebih detail. Aki yang tidak layak pakai sebaiknya segera diganti agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

aki planet ban servis motor
gambar: planetban.com

Ban: Pentingnya Pemeriksaan Secara Berkala

Pemeriksaan ban merupakan hal yang penting dan sebaiknya dilakukan secara rutin. Idealnya, kondisi ban perlu diperiksa sebelum motor digunakan. Namun, saat melakukan service motor, mekanik akan memeriksa tekanan udara dalam ban, kondisi keseluruhan ban (apakah sudah gundul atau tidak), dan sejumlah faktor lainnya.

Tune Up Motor Rutin: Mempertahankan Performa Optimal

Service motor tune up meliputi pemeriksaan menyeluruh terhadap semua komponen motor, terutama komponen yang berhubungan dengan performa keseluruhan motor. Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari kondisi tekanan ban, kondisi lampu, pekerjaan membersihkan karburator (termasuk saringan udara), cek tegangan rantai, kondisi rem serta klakson. Pada beberapa kasus, tune up dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin, oli gardan, atau suku cadang lainnya. Namun, mekanik akan memberikan informasi terlebih dahulu mengenai hal tersebut sebelum melakukan perbaikan.

    Mencari Bengkel Servis Motor Terbaik

    Untuk mendapatkan layanan servis motor yang baik, penting untuk mencari bengkel servis motor yang terpercaya. Salah satu bengkel yang dapat diandalkan adalah “Planet Ban”. Di bengkel ini, kamu dapat menikmati layanan “servis motor rasa mesin baru”. Apa yang dimaksud dengan servis mesin rasa baru?

    planet Ban service motor
    gambar : planetban.com

    “Servis motor rasa baru” di Planet Ban adalah mekanisme sistem servis terpadu. Sistem ini memiliki tujuan untuk meningkatkan performa serta ketahanan motor secara cepat namun dengan biaya yang pasti lebih hemat. Fokus yang dilakukan dalam pemeriksaan dan perbaikan ada pada bagian-bagian vital motor yang biasanya susah dijangkau bahkan tersembunyi, lepas dari perhatian sehingga jarang diservis, bahkan sangat jarang dicek dan disetel secara rutin.

    Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

    Menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi yang meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Hal ini membuat mesin menjadi lebih awet dan jarang mengalami kerusakan.
    Dengan menggunakan suku cadang asli, penggunaan motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, suhu mesin menjadi lebih rendah, dan akselerasi menjadi lebih ringan.
    Penggantian oli hanya diperlukan setiap mencapai jarak tempuh 5000 km (antara 4-6 bulan sekali), sehingga menghemat waktu dan biaya servis.
    Dengan melakukan servis di Planet Ban, kamu juga ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan karena emisi dan polusi yang dihasilkan oleh motor berkurang.

    Apa bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain?

    Servis motor di tempat lain seringkali masih menyisakan kotoran, debu, dan sisa pembakaran di beberapa bagian mesin motor. sekedar contoh, banyak kasus dengan masih ditemukannya kotoran atau debu di blok CVT sehingga membuat kendaraan kita terasa berat.

    Namun, jika kamu melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, semua bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, dan komponen lainnya akan bersih dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran, sehingga tampak seperti mesin baru.

    Servis motor di Planet Ban membuat motormu terasa seperti memiliki mesin baru. Hasilnya, tarikan menjadi lebih ringan, emisi berkurang lebih dari 70%, konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien, dan mesin menjadi bersih secara menyeluruh. Harga servis motor di Planet Ban juga bisa dibilang murah dan sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi, dibanderol hanya Rp20.000,-, servis CVT dan rantai hanya dihargai Rp19.500,-, dan servis throttle body juga hanya di patok di harga Rp20.000,-.

    Dengan mengetahui manfaat melakukan servis motor secara rutin dan komponen apa saja yang perlu diservis, maka penting juga untuk diingat kapan terakhir kali kamu melakukan servis motor. Jika perlu melakukan servis, sebaiknya kunjungi Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor yang terasa seperti mesin baru.

    11 thoughts on “Pentingnya Service Motor: Hal yang Harus Diperiksa dan Bengkel Terbaik

    1. Klo motor di servis secara rutin dipakainya serasa enteng, selain itu usia motor jadi lebih awet tapi tetep bengkelnya harus yang terpercaya ya

    2. Wah, motor Vina udah pernah ganti beberapa item, nih. Ganti motornya aja yang belom, kawokaowkaowk. di Pekanbaru ada ga ya Planet Ban, coba cek dulu ah.. Terima kasih rekomendasinya, Kak.

      1. Kalau di bengkel biasa servicenya kurang lengkap. Aku pernah service ternyata kampas rem gak dicek. Pernah juga akinya gak dicek. Mau gak mau kudu balik lagi setelah ngerasain motornya nggak nyaman.

    3. Kalau di bengkel biasa servicenya kurang lengkap. Aku pernah service ternyata kampas rem gak dicek. Pernah juga akinya gak dicek. Mau gak mau kudu balik lagi setelah ngerasain motornya nggak nyaman. Huhu.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *