Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Tahun Baru 2021 Membangun Harapan Dan Semangat Baru

Tahun baru 2021 tinggal beberapa hari lagi. Beberapa orang selalu menandai momen tahun baru dengan perayaan kecil untuk mengenang kembali waktu yang sudah berlalu dan sekaligus meneguhkan niat,harapan dan semangat dalam menjalani masa yang akan datang.

Tahun Baru 2021

Tahun baru kali ini agak berbeda dari tahun baru yang lalu. Kita berada dalam situasi pandemi yang sangat membatasi semua aktifitas, pun pula saat akan merayakan malam pergantian tahun.

Kaum muda tentu akan sangat merasakan dampak pandemi saat merayakan Tahun baru 2021. Yang biasanya meriah, dan ajang kumpul bersama sahabat serta kerabat. Kali ini akan berbeda.

Sejarah Tradisi Tahun Baru

Momen Tahun baru yang saat ini banyak di lakukan oleh umat manusia di seluruh dunia, tentu saja memiliki dasar filosofis maupun sejarahnya. Sejarah yang kemudian menjadi tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi dari para tetua dan nenek moyang kita

Baca juga : Manusia adalah makhluk pencerita

Dari catatan sejarah, perayaan malam tahun baru pertama kali terjadi pada tahun 2000 Sebelum Masehi di Mesopotamia. Dari catatan sejarah juga bahwa Mesopotamia diyakini adalah tempat peradaban tertua di dunia. Daerah ini berada di antara sungai Tigris dan sungai Efrat. Daerah ini sekarang dikenal sebagai Irak.

Pada masa lalu Bangsa Romawi menetapkan 1 Maret sebagai tahun baru. Pada kebudaya lain, ada yang menggunakan equinox di musim gugur untuk menandai malam pergantian tahun ini.

Kemudian pada tahun 1582, saat Gereja Katolik Roma menggunakan penanggalan Gregorian, perayaan malam tahun baru mulai terjadi perubahan menjadi tanggal 1 Januari.

Makna Tahun Baru dari masa ke masa

Dari waktu ke waktu, perayaan tahun baru mengalami pergeseran. Tetapi semua perayaan memiliki hakikat yang sama, yaitu tentang harapan dan keinginan untuk berbuat lebih baik.

Di persia kuno, setiap orang akan memberikan sebuah telur satu kepada yang lain. ini menyimbolkan produktifitas yang diharapkan naik di masa depan. Seperi juga di Negara Paman Sam, terdapat tradisi makan kacang polong hitam, sebagai lambang harapan baik untuk tahun yang baru.

Dan ada banyak tradisi tahun baru lain yang bisa kita temukan dalam buku sejarah bangsa-bangsa. Semua tentang harapan dan semangat.

Tahun baru di Indonesia

Di Indonesia, perayaan tahun baru juga tidak jauh berbeda dengan perayaan tahun baru di negara ataupun bangsa lain di seluruh dunia. Mungkin hanya berbeda pada cara merayakannya. Namun apa yang terkandung di dalam perayaan ini tetaplah hal yang sama.

Ada yang merayakannya dengan beramai-ramai, namun tidak jarang juga yang merayakannya dengan merenung, berdoa, bersyukur atas waktu yang sudah dijalani.

resolusi tahun baru 2021

Saat ini, Momen pergantian tahun, di berbagai belahan dunia dirayakan dengan semeriah mungkin. Begitupun dengan perayaan tahun baru di Indonesia.

Terutama generasi muda, mereka akan mengadakan acara mulai dari hanya sekedar kumpul-kumpul bersama, pesta terompet, pesta kembang api, hingga membunyikan berbagai petasan.

Ada beberapa hal yang kemudian membuat perayaan tahun baru berubah, terutama karena ada pemahaman-pemahaman pihak tertentu yang menganggap perayaan tahun baru adalah bukan tradisi asli Indonesia.

Bahkan, ada yang tidak mau merayakan tahun baru karena mereka menganggap tradisi ini adalah tradisi “kafir”. Benar atau tidaknya, silahkan berpulang ke pribadi masing-masing.

Harapan dan Semangat di Tahun Baru 2021

Terlepas dari sejarah dan pemahaman setiap orang terhadap pentingnya merayakan tahun baru, akan lebih bermakna jika harapan dan semangat baru kita letakkan di dalamnya.

Tahun baru 2021 yang tinggal beberapa hari ini boleh dimaknai sebagai saat untuk berefleksi. Mengingat kembali hal baik dan buruk yang sudah dilalui. Memaknainya sebagai perjalanan hidup yang patut di apresiasi dan di koreksi.

Perayaan tahun baru hanyalah penanda akan harapan dan semangat baru. Membuat Resolusi untuk diri kitasendiri, mulai meninggalkan kebiasaan buruk dan mulai melakukan sebanyak mungkin kebiasaan baik.

Jika itu kita lakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, maka resolusi tidak hanya sebatas resolusi yang diulang dari tahun ke tahun, tetapi akan membawa kita semua menjadi pribadi-pribadi yang unggul, tangguh, penuh semangat, welas asih dan siap menjemput kesuksesan.

Selamat merayakan Tahun Baru 2021 sahabat semua. Semoga di tahun baru 2021, kita semua diberi keberkahan untuk selalu mampu melakukan kebaikan. Dipenuhi semangat dan harapan baru untuk menggapai apa yang diimpikan. Amin.
Salam sehat dan perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *