Home » Teknologi » Windows Defender Masih Kurang? Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Antivirus Pihak Ketiga

Windows Defender Masih Kurang? Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Antivirus Pihak Ketiga

Windows Defender adalah perangkat lunak antivirus bawaan yang sudah terinstal di Windows 10 dan 11. Perangkat lunak ini menawarkan perlindungan dasar dari virus dan malware, tetapi tidak memiliki semua fitur yang ditawarkan oleh antivirus pihak ketiga. Terutama jika anda adalah pengguna internet yang super aktif.

Pada artikel Maswo kali ini, kita akan membahas mengapa antivirus pihak ketiga masih diperlukan, meskipun Windows Defender sudah ada.

Alasan Mengapa Antivirus Pihak Ketiga Masih Diperlukan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa antivirus pihak ketiga masih diperlukan:

Fitur keamanan tambahan. Antivirus pihak ketiga sering kali menawarkan fitur keamanan tambahan yang tidak tersedia di Windows Defender, seperti:

  • Pemindaian rootkit
  • Perlindungan terhadap ransomware
  • Perlindungan terhadap phishing
  • Firewall
  • Kontrol parental

Aktualisasi yang lebih cepat. Antivirus pihak ketiga biasanya menerima pembaruan yang lebih cepat untuk mendeteksi dan memblokir ancaman baru.

Performa yang lebih baik. Antivirus pihak ketiga yang modern biasanya tidak terlalu membebani kinerja komputer.

Secara detail, berikut penjelasannya:

Fitur Keamanan Tambahan

Windows Defender menawarkan perlindungan dasar dari virus dan malware, tetapi tidak menawarkan fitur keamanan tambahan yang dapat membantu melindungi komputer Anda dari ancaman yang lebih canggih.

Antivirus pihak ketiga sering kali menawarkan fitur keamanan tambahan, seperti:

Pemindaian rootkit. Rootkit adalah jenis malware yang sangat berbahaya yang dapat menyembunyikan dirinya sendiri dari sistem operasi. Pemindaian rootkit dapat membantu mendeteksi dan menghapus rootkit dari komputer Anda.

Perlindungan terhadap ransomware. Ransomware adalah jenis malware yang mengenkripsi file Anda dan meminta tebusan untuk membuka kuncinya. Perlindungan terhadap ransomware dapat membantu mencegah komputer Anda terinfeksi ransomware.

Perlindungan terhadap phishing. Phishing adalah teknik penipuan yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi Anda, seperti kata sandi dan nomor kartu kredit. Perlindungan terhadap phishing dapat membantu melindungi Anda dari serangan phishing.

Firewall. Firewall adalah perangkat lunak yang membantu melindungi komputer Anda dari serangan dari internet.

Kontrol parental. Kontrol parental dapat membantu Anda membatasi akses anak-anak Anda ke konten online yang berbahaya.

Aktualisasi yang Lebih Cepat

Antivirus pihak ketiga biasanya menerima pembaruan yang lebih cepat untuk mendeteksi dan memblokir ancaman baru. Hal ini penting karena ancaman online terus berkembang, dan penting untuk memiliki perlindungan yang mutakhir untuk melindungi komputer Anda dari ancaman terbaru.

Performa yang Lebih Baik

Antivirus pihak ketiga yang modern biasanya tidak terlalu membebani kinerja komputer. Hal ini penting karena Anda tidak ingin antivirus Anda memperlambat komputer Anda.

Secara keseluruhan, antivirus pihak ketiga menawarkan perlindungan yang lebih lengkap dari ancaman online daripada Windows Defender. Jika Anda mencari perlindungan yang lebih baik untuk komputer Anda, maka antivirus pihak ketiga adalah pilihan yang tepat.

Rekomendasi Antivirus Pihak Ketiga

Berikut adalah beberapa rekomendasi antivirus pihak ketiga yang terbaik untuk Windows:

  • McAfee Total Protection
  • Bitdefender Total Security
  • Kaspersky Total Security
  • Norton 360 Deluxe
  • ESET Internet Security

Antivirus-antivirus tersebut menawarkan perlindungan yang komprehensif dari berbagai macam ancaman online, termasuk virus, malware, ransomware, phishing, dan lainnya.

Salam Perdamaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *