Home » Teknologi » Windows Security: Aplikasi Keamanan Bawaan Windows 11 yang Wajib Anda Ketahui

Windows Security: Aplikasi Keamanan Bawaan Windows 11 yang Wajib Anda Ketahui

windows security

Windows 11 adalah OS atau sistem operasi terbaru besutan Microsoft yang handal dan menawarkan berbagai fitur lengkap dan peningkatan kinerja. Salah satu fitur yang penting untuk Anda ketahui adalah Windows Security, aplikasi keamanan bawaan Windows 11 yang membantu melindungi komputer Anda dari malware, phishing, dan ancaman online lainnya.

Komponen Windows Security

Windows Security adalah suite yang terdiri dari beberapa komponen, seperti:

Antivirus: Windows Security menggunakan Windows Defender Antivirus, sebuah program antivirus yang dapat mendeteksi dan menghapus malware dari komputer Anda secara otomatis. Windows Defender Antivirus juga dapat berintegrasi dengan Microsoft Defender for Endpoint, sebuah layanan berbasis cloud yang memberikan perlindungan tingkat lanjut terhadap ancaman canggih.

Firewall: Windows Security menggunakan Windows Defender Firewall, sebuah program firewall yang dapat mencegah akses yang tidak sah ke komputer Anda dari jaringan atau internet. Windows Defender Firewall juga dapat berintegrasi dengan Microsoft Defender for Identity, sebuah layanan berbasis cloud yang memberikan perlindungan terhadap serangan identitas.

windows security

Device security: Windows Security memberikan informasi tentang status keamanan perangkat Anda, seperti apakah Anda menggunakan chip keamanan, enkripsi perangkat, atau perlindungan integritas sistem. Windows Security juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keamanan perangkat Anda jika diperlukan.

Device performance & health: Windows Security memberikan informasi tentang kesehatan dan kinerja perangkat Anda, seperti apakah Anda memiliki pembaruan terbaru, penyimpanan yang cukup, atau baterai yang baik. Windows Security juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja perangkat Anda jika diperlukan.

Family options: Windows Security memberikan fitur untuk mengelola pengaturan keluarga, seperti pembatasan waktu layar, laporan aktivitas, atau kontrol konten. Windows Security juga memberikan akses ke Microsoft Family Safety, sebuah aplikasi yang membantu Anda melindungi keluarga Anda di dunia digital dan nyata.

Fitur Lain

Selain itu, Windows Security juga memiliki fitur-fitur lain yang membantu melindungi identitas, informasi, dan perangkat Anda, seperti:

Windows Hello: Windows Security menggunakan Windows Hello, sebuah fitur yang memungkinkan Anda masuk ke komputer Anda dengan menggunakan wajah, sidik jari, atau PIN Anda, tanpa perlu mengingat kata sandi. Windows Hello juga dapat berintegrasi dengan Microsoft Authenticator, sebuah aplikasi yang memberikan verifikasi dua langkah untuk akun online Anda.

Passkey: Windows Security menggunakan Passkey, sebuah fitur yang memungkinkan Anda membuat dan menyimpan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap situs web atau aplikasi yang Anda gunakan, tanpa perlu mengingatnya. Passkey juga dapat berintegrasi dengan Microsoft Edge, browser web bawaan Windows 11 yang memberikan pengalaman browsing yang cepat dan aman.

Find My Device: Windows Security menggunakan Find My Device, sebuah fitur yang memungkinkan Anda melacak lokasi perangkat Anda jika hilang atau dicuri, dan mengunci atau menghapusnya secara jarak jauh jika perlu. Find My Device juga dapat berintegrasi dengan Microsoft Account, sebuah akun yang memberikan akses ke layanan dan produk Microsoft lainnya.

Windows Security adalah aplikasi yang mudah digunakan dan dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Anda dapat memeriksa pembaruan keamanan dan memastikan bahwa antivirus, firewall, dan fitur keamanan lainnya berfungsi dengan baik. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan keamanan, seperti mengecualikan lokasi tertentu dari pemindaian antivirus, mengatur waktu pemindaian terjadwal, atau mengaktifkan mode perlindungan tambahan. Anda juga dapat melihat riwayat deteksi dan tindakan yang diambil oleh Windows Security terhadap ancaman yang ditemukan. Jika Anda mengalami masalah dengan Windows Security atau perangkat Anda, Anda juga dapat mengakses alat bantuan dan pemecahan masalah yang tersedia.

Cara Mengakses

Anda dapat mengakses Windows Security dengan cara berikut:

  • Buka Start > Settings > Update & Security > Windows Security.
  • Klik ikon perisai di bilah tugas.
  • Ketik Windows Security di kotak pencarian dan pilih aplikasinya.

Windows Security adalah aplikasi keamanan bawaan Windows 11 yang wajib Anda ketahui dan gunakan. Dengan Windows Security, Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan komputer Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang Windows Security, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Microsoft atau membaca panduan pemula untuk Windows Security di Windows 10.

Salam Perdamaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *