Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Apa Itu Server ? Berikut 8 Fungsi Server Dan Jenisnya

Pengertian Dan Apa Itu Server

Seringkali kita semua mendengar bahkan sering menyebutkan istilah server. Namun banyak yang belum paham tentang apa itu server, fungsi server, pengertian server dan juga jenis server. Dalam bahasa Indonesia, server diartikan juga sebagai “peladen”.

Apa itu server dan fungsi server

Dalam konteks teknologi, server berbentuk sebuah sistem komputer yang bertugas menyimpan data. Data yang tersimpan bisa berbentuk apa saja. Mulai dari dokumen sampai berupa file multimedia (Gambar, suara dan video). Fungsi Server adalah, membagikan semua informasi yang tersimpan di dalamnya kepada siapa saja yang membutuhkan.

Kekuatan dan kecepatan Server sangatlah penting. Karena dia akan di akses oleh banyak orang secara bersamaan. Secara fisik, server berbentuk Komputer yang saling terhubung dan tidak jarang ukurannya sangat besar. Seperti sebuah komputer biasa, server juga berisi komponen-komponen seperti CPU, RAM, Harddisk dan sebagainya, namun kemampuan dan kapasitasnya besar.

Fungsi Server

Pekerjaan utama server adalah melayani semua permintaan data yang diminta oleh komputer pengguna (client). Server sendiri terdiri dari 3 bagian besar menurut fungsinya. Yaitu Server Aplikasi, Server Data dan Server Proxy:

Di dalam server juga terpasang Sistem Operasi yang mengatur semua perangkat kerasnya, sekaligus melakukan manajemen transfer data agar mampu memberikan pelayanan terbaik saat ada permintaan data. Lalu apa saja jenis dan fungsi server? Ada 8 jenis server dan fungsinya. Berikut penjelasannya

1. File Server

Apa itu file server? File Server bertugas membagikan dan memberikan akses kepada semua orang berupa direktori atau folder. Direktori ini berisi semua jenis file, ada dokumen, gambar, musik, video dan lain sebagainya. Akses Direktori memungkinkan pengguna untuk mengakses dari jaringan lokal maupun melalui jaringan internet.

FIle server

Kecepatan server yang tinggi mutlak untuk server jenis ini. CRUD (Create, Read, Update, Delete) adalah operasi standar yang bisa dilakukan file server yang dilakukan pengguna dari komputer client.

2. Mail Server

Apa itu server yang disebut Mail Server? Secara umum fungsi server jenis Mail server ini adalah server yang bertugas melayani pengguna untuk dapat mengirimkan dan menerima E-mail atau pesan elektronik.

Sistem Mail server terbagi dua, yaitu fungsi server untuk mengirim dan fungsi server untuk menerima E-mail yang disebut sebagai protokol. Fungsi server (protokol) untuk menerima pesan masuk adalah POP3 (Post Office Protocol 3rd version). Sedangkan Fungsi Server untuk mengirim pesan adalah dan IMAP (Internet Message Access Protocol).

3. Web Server

Apa itu server yang bernama web server? Fungsi server ini sebagai tempat penyimpanan sebuah website atau blog yang dapat di akses melalui protokol khusus yaitu HTTP dan HTTPS. Web server akan merespon kode yang dikirimkan dari web browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox dan lainnya. Kemudian akan mengirimkan kembali dalam bentuk halaman web.

apa itu server dan web server

Web server akan mengirimkan data dalam bentuk dokumen HTML dan CSS yang akan diterima oleh web browser dengan protokol khusus. Tampilan di Browser dapat berupa dokumen tulisan maupun konten multimedia yang secara umum disebut sebagai situs.

Salah satu contoh Web Server adalah seperti layanan berikut ini : Web server Murah Terbaik dan Domain Gratis

4. Database Server

Fungsi Server database adalah mengelola dan mengorganisir file-file basis data (database). Server ini melayani permintaan pengelolaan basis data dan akses client pada database. Ada 4 jenis Database server yaitu relation database, relational-object database, object database dan flat file database.

Big Data adalag salah satu Fungsi database server. Fungsi server ini memungkinkan pengelolaan data dalam ukuran besar (big) kepada pengguna. Sistem big data yang ada mampu melakukan manajemen database yang baik, sehingga proses pencarian data dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Database Server banyak digunakan oleh Perusahaan-perusahaan atau Lembaga besar yang membutuhkan akses data cepat dengan kapasitas data besar (big data), dengan banyak pengguna dalam satu waktu.

5. DHCP Server

Apa itu server DHCP? DHCP server atau Dinamic Host Configuration Protocol Server adalah server yang mengelola layanan IP (Internet Protocol) address serta TCP/IP kepada para pengguna (client).

Simpel nya adalah, fungsi DHCP server akan memberikan dan mengelola alamat IP yang akan diberikan secara otomatis kepada client yang ada di jaringan. jaringan ini bisa berupa jaringan Lokal (LAN) ataupun jaringan internet. Hal ini mempermudah dan mengambil alih pekerjaan seorang administrator jaringan dalam membagikan IP Address yang biasanya dilakukan secara manual.

6. FTP Server

Fungsi server FTP (File Transfer Protocol) adalah memberikan akses data. Akses ini mirip dengan File Server, tetapi dilakukan dari computer client dengan menggunakan protokol FTP dan software FTP yang terinstal di komputer client. Seringkali sering juga disebut sebagai remote access.

server adalah

FTP server akan melakukan proses transfer file melalui protokol FTP dengan kode ASCII. Untuk akses yang lebih aman, terdapat protokol FTP dengan fasilitas enkripsi pada saat melakukan transfer file, yaitu SFTP (Secure File Transfer Protocol).

7. Proxy Server

Apa itu server yang disebut Proxy server? Server jenis Proxy Server adalah sebuah server yang berfungsi sebagai jembatan atau perantara antara server dengan pengguna. Ada banyak alasan untuk menggunakan Proxy server bagi pengguna. Salah satunya adalah alasan keamanan.

Fungsi server ini adalah, akan mengamankan atau menyembunyikan IP address penggunanya ketika sedang menjelajah dunia maya. IP address client atau pengguna tidak akan terlihat karena di lindungi oleh proxy.

Seperti kita ketahui bahawa saat berselancar di. IP address menjadi identitas yang mudah di manipulasi atau dimanfaatkan orang-orang yang bermaksud tidak baik untuk menyusupkan virus, trojan atau malware ke komputer kita. Dengan memanfaatkan proxy, anda akan bisa mengatur pencegahan atau pemblokiran situs-situs berbahaya.

8. Game Server

Fungsi server dan apa itu server jenis ini ? Game server biasanya digunakan oleh seorang gamer. Perkembangan dunia game saat ini sangat pesat dan seringkali membutuhkan sumber daya yang besar untuk dapat memainkannya.

Game Server dibuat dan berguna untuk memperlancar permainan sehingga memberikan sensasi bermain game menjadi lebih baik dan lebih lancar. Game Server membantu membuat transfer data berlangsung cepat sehingga tidak terjadi lag saat bermain. Terlebih pada Game berat dan game multiplayer.

Terdapat dua macam Game server, yaitu game server untuk eksternal dan game server untuk internal. Game server internal adalah serrver yang dijalankan oleh pengguna dan melalui komputernya sendiri. Sedangkan Game Server eksternal adalah penyimpanan dan server game yang sudah disediakan oleh developer game bersangkutan.

Apa Itu Cloud Server?

Dari sekian banyak jenis server yang ada, semuanya bertujuan untuk melayani pengguna dengan lebih cepat dan efisien sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini sudah berkembang server yang tadinya hanya menggunakan sistem komputer yang secara fisik berada dalam satu tempat, menjadi Cloud Server. Yang tentu saja memiliki kapasitas dan kecepatan jauh lebih cepat.

Apa itu server cloud dan bagaimana cara kerjanya? Tunggu di artikel berikutnya ya. Atau bila anda penasaran dan untuk memberikan sedikit gambaran, silahkan baca artikel Maswo berikut ini : Memahami Teknologi Cloud Hosting.

Demikian artikel kali ini tentang Apa itu server dan fungsi server yang bisa Maswo bagikan untuk sahabat semua. Semoga berguna untuk seedar referensi serta menambah pengetahuan. Apabila berkenan boleh meninggalkan pesan di kolom komentar.

Salam perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *