Cloud Hosting Indonesia
Order Sekarang!Dapatkan Diskon 75% Hosting + Gratis Domain!

Cara Riset Keyword Gratis Menggunakan Ubersuggest

Cara riset keyword gratis – Hai Sahabat Maswo semua, masih dalam bahasan SEO, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara riset Keyword secara gratis dengan memanfaatkan layanan dari ubersuggest.

cara riset keyword gratis

Riset keyword adalah salah satu kegiatan SEO yang harus dilakukan sebelum menuliskan sebuah konten. Pekerjaan yang dilakukan meliputi mengumpulkan data yang berhubungan dengan kata kunci yang akan ditargetkan dalam sebuah artikel. Termasuk tingkat kompetisi dan volume pencariannya di search engine.

Penerapan kata kunci atau keyword yang tepat pasti akan meningkatkan pengunjung karena halaman web anda mampu muncul di halaman awal pencarian search engine. Seperti yang kita ketahui bahwa target penerapan teknik SEO pada sebuah website adalah untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Untuk melakukan riset keyword anda harus paham terlebih dahulu tentang apa itu keyword? bagaimana cara melakukan riset, tools apa saja yang diperlukan? dan sebagainya.

Agar lebih mengenal apa itu keyword, terlebih dahulu anda bisa membaca artikel maswo berikut ini : Meningkatkan traffic web dengan Long Tail Keyword

Cara Riset Keyword Gratis dengan Ubersuggest

Aktifitas Riset keyword yang akan dilakukan bertujuan untuk menemukan keyword yang banyak dicari namun memiliki tingkat kompetisi yang rendah. Hal ini tentu bukan perkara yang mudah, apalagi bagi para pemain SEO pemula.

Apa Seed Keyword atau Keyword utama situs anda?

Untuk memulai menggunakan tools riset keyword gratis , anda harus menentukan terlebih dulu seed keyword website anda. Seed keyword adalah kata kunci atau keyword utama yang sesuai dengan tema website yang anda bangun.

Hal ini tentu akan jadi mudah ketika anda memiliki website atau blog yang memiliki satu tema misalnya Teknologi, bisnis online dan yang lainnya. Tapi bagaimana dengan website yang campur-campur ? Untuk website dengan konten yang campur-campur, anda bisa tentukan dengan kategori yang ada.

Buka Ubersuggest.com

Bagamiana cara riset keyword gratis? kali ini kita akan memanfaatkan tools riset keyword gratis ubersuggest. Tools riset keyword ini dikembangkan oleh Neil Patel, seorang digital marketer kawakan dan SEO specialist.

Sebenarnya ada banyak tools yang bisa ada manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci, yang gratis maupun yang berbayar. ubersuggest juga menawarkan versi gratis dan berbayar untuk riset kata kunci. Namun kali ini kita akan melakukan riset keyword yang menggunakan ubersuggest versi gratis.

Pertama, silahkan buka browser anda dan ketikkan ubersuggest.com di address bar. Akan muncul tampilannya seperti ini :

riset keyword dengan ubersuggest

Tools versi gratis ini hanya mengijinkan kita melakukan riset keyword sebanyak 3 kali dalam satu hari. Sudah lumayan untuk website atau blog personal seperti maswo.my.id ini. Jika anda menginginkan lebih, anda harus membeli versi berbayar.

Untuk langkah pertama, silahkan anda masukkan seed keyword yang sudah anda persiapkan sebelumnya pada kotak pencarian dan pilih negara yang jadi targetnya. Saya contohkan : Internet marketing

Klik tombol “Search” dan system ubersuggest akan mulai mengumpulkan informasi tentang “internet Marketing”. Tidak butuh waktu lama, ubersuggest akan menampikan data yang berhubungan dengan keyword yang anda masukkan. Cukup lengkap.

keyword research

Akan muncul ringkasan keyword yang anda cari. meliputi Search Volume(SV), SEO Dificulty (SD), Paid Dificulty (PD) dan Cost Per Click(CPC)

Search Volume, Menunjukkan jumlah pencarian kata kunci “Internet Marketing” dalam waktu kurang lebih satu bulan. Contoh diatas, keyword yang kita targetkan memiliki status rata-rata. Artinya, kata kunci tersebut berada di area tengah-tengah. Tidak terlalu banyak dicari orang, juga tidak terlalu sedikit

SEO Dificulty, menunjukkan jumlah kompetitor dan tingkat kesulitannya dalam persaingan SEO. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi tingkat kesulitan dan jumlah kompetitornya. Dari informasi diatas, Keyword Internet Marketing termasuk dalam kategori Easy atau mudah.

PAID Dificulty, Menunjukkan estimasi jumlah persaingan dalam pencarian yang berbayar. Nilai ini berguna untuk anda yang berniat untuk menggunakan sebuah kata kunci untuk iklan berbayar. Makin tinggu nilainya, semakin berat tingkat persaingannya

Cost Per Click, masih berhubungan dengan Paid Dificulty, CPC menunjukkan estimasi biaya untuk sekali iklan di klik. Semakin tinggi nilainya, estimasi harga akan semakin tinggi.

Karena disini kita mengguakan cara riset keyword gratis, maka anda cukup perhatikan saja bagian SV dan SD.

Dari sini saja anda pasti sudah bisa mendapatkan gambaran peta persaingan dan kesulitan menaikkan ranking di Google ketika nanti membuat artikel atau konten di situs anda.

Keyword alternatif atau keyword turunan

Ubersuggest juga akan menampilkan saran untuk alternatif keyword atau variasi yang bisa anda pergunakan untuk memperluas cakupan kata kunci yang anda targetkan. Ada beberapa orang yang menyebutkan ini sebagai keyword turunan.

menggunakan ubersuggest

Perhatikan hasil diatas. Anda bisa melihat daftar Keyword alternatif yang di tampilkan. Untuk versi tools dan cara riset keyword gratis ubersuggest, hanya akan ditampilkan 30 kata kunci alternatif saja . Kalau anda menginginkan saran yang lebih banyak, silahkan pergunakan yang versi berbayar.

Andapun bisa klik pada masing-masing keyword alternatif yang ditampilkan untuk melihat artikel-artikel atau website yang menempati urutan terbaik dengan menggunakan kata kunci internet marketing.

keyword turunan dengan ubersuggest

Ini sangat berguna untuk menambah referensi bagi anda saat mulai membuat konten. Tapi perlu diingat, anda tidak boleh mengambil tulisan-tulisan ini karena pasti akan dianggap plagiasi oleh Google. Anda harus membuat sendiri artikel yang unik.

Saran Dalam cara Riset Keyword Gratis Dengan Ubersuggest

Sedikit saran, berdasarkan pengalaman dari para expert SEO, sebaiknya anda memilih dan menggunakan kata kunci yang tingkat persaingannya (SD) berada di bawah 40. Apalagi bagi anda yang pemula. Untuk menampilkan Keyword alternative ini, anda bisa memanfaatkan fitur “Filter”.

Keyword yang ditampilkan ubersuggest juga bisa anda download dengan klik tombol “eksport to CSV”. atau paling simple berdasar pengalaman saya adalah dengan klik tombol “Copy to Clipboard” lalu lakukan paste di aplikasi Excel.

Demikian artikel kali ini tentang cara riset keyword gratis menggunakan tool riset keyword gratis ubersuggest. Semoga berguna untuk sahabat Maswo semua. Jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Salam Perdamaian!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *